Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 17:20 WIB

Deklarasi Ridwan Kamil

Pengamat: Nasdem Pasti Tidak Pakai Mahar

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 20 Maret 2017 | 07:08 WIB
Pengamat: Nasdem Pasti Tidak Pakai Mahar
Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Partai Nasdem secara resmi telah deklarasi mendukung Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Kang Emil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2018. Nasdem merupakan partai pertama yang menyatakan dukungan kepada Kang Emil maju di Pilkada Jawa Barat 2018.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Nasdem merupakan partai yang pertama mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat sehingga patut diapresiasi dan dihormati.

"Saya yakin dan percaya, Nasdem termasuk salah satu parpol yang tidak pakai mahar. Kalau pakai mahar, belum tentu sampai hari ini mengusung RK (Ridwan Kamil)," kata Pangi kepada INILAHCOM, Minggu (19/3/2017).

Menurut dia, sepertinya partai besutan Surya Paloh itu memahami permasalahan terhadap biaya pemilu yang begitu tinggi disebabkan adanya kontrak politik antara partai politik dengan seseorang calon kepala daerah.

"Nasdem menyadari salah satu penyebab tingginya biaya pemilu (high cost) adalah mahar itu sendiri," ujarnya.

Di samping itu, Pangi melihat Nasdem termasuk partai politik yang mempunyai komitmen mengurai silang sengkarut problem korupsi dari level hulu salah satu penyebab banyaknya korupsi kepala daerah karena tingginya mahar partai politik.

Untuk diketahui, Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi mendeklarasikan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3/2017).

Deklarasi tersebut tertuang dalam Surat Rekomendasi Nomor 020-SI/DPP/Nasde/III/2017 dan diserahkan langsung oleh Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa kepada Ridwan Kamil.[ris]

Komentar

 
x