Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 20:35 WIB

Pilkada Jawa Barat 2018

Nasdem Dukung Kang Emil, Bagaimana Gerindra&PKS?

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 20 Maret 2017 | 06:01 WIB
Nasdem Dukung Kang Emil, Bagaimana Gerindra&PKS?
Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Kang Emil
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Partai Nasdem resmi deklarasi mendukung Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Kang Emil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018. Padahal, Kang Emil diusung oleh Partai Gerindra dan PKS ketika maju sebagai Wali Kota Bandung.

Peneliti Pusat Laboratorium Politik Indonesia, Mohammad Hailuki mengatakan dua partai tersebut bisa saja mendukung Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat setelah didukung oleh partai besutan Surya Paloh.

"Kalau Gerindra dan PKS tidak tersinggung dengan manuver Nasdem, mungkin akan usung RK juga," kata Hailuki kepada INILAHCOM, Minggu (19/3/2017).

Menurut dia, pasti Ridwan Kamil akan membangun komunikasi dengan kedua partai yang mengusungnya merebut kursi Wali Kota Bandung bersama Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial.

"Dengan waktu yang masih panjang, saya yakin RK (Ridwan Kamil) akan coba bangun komunikasi dengan Gerindra dan PKS," ujarnya.

Karena, kata Hailuki, budaya Sunda itu tetap menjaga keharmonisan dan kerukunan meskipun adanya perbedaan.

"Budaya Sunda itu lauk na beunang, cai na herang. Artinya, tujuan diraih tanpa merusak keadaan. RK akan jaga keharmonisan dengan semua parpol," jelas dia.

Untuk diketahui, Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi mendeklarasikan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3/2017).

Deklarasi tersebut tertuang dalam Surat Rekomendasi Nomor 020-SI/DPP/Nasde/III/2017 dan diserahkan langsung oleh Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa kepada Ridwan Kamil.[ris]

 
x