Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:40 WIB

Kang Emil 'Pergi', Walikota Bandung Jadi Incaran

Oleh : Ivan Setyadhi | Minggu, 19 Maret 2017 | 10:03 WIB
Kang Emil 'Pergi', Walikota Bandung Jadi Incaran
Ridwan Kamil - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ditengah sorotan tentang jalan Ridwan Kamil menuju kursi Gubernur Jawa Barat pada perhelatan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang, satu fakta menarik tak boleh dilupakan.

"Menarik kira-kira siapa yang akan menggantikan Kang Emil di Bandung," ujar Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada INILAHCOM, Sabtu (18/3/2017).

Sebab, Kang Emil seakan menjadi sosok yang tak tergantikan selama memimpin Kota Bandung. Selama memimpiin, Kang Emil sukses menjadikan dirinya ikon tersendiri Kota Bandung.

Nama Oded M. Danial, Wakil Walikota Bandung saat ini, memang cukup punya kans menggantikan Emil. Namun, Oded bukan tanpa saingan.

"Beberapa figur selebriti yang nampaknya cukup kuat juga namanya di Bandung seperti Ronald Suryapraja, Farhan," ungkapnya.

Dalam survei yang dibuat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI bekerja sama dengan Indo Barometer Institute, nama Farhan memang muncul sebagai salah satu calon yang cocok untuk menggantikan Emil.

Berdasarkan hasil survei, tiga kriteria utama pemimpin kota Bandung itu yakni memiliki pengalaman menjadi pejabat formal di pemerintahan, memiliki kedekatan dengan rakyat kecil dan menunjukkan sikap keagamaan yang baik termasuk di dalamnya soleh secara sosial.

Namun diluar berbagai prediksi tersebut diatas, Hendri menganggap masih terlalu dini untuk membuat skema tentang Pemilihan Walikota Bandung yang juga akan digelar pada tahun 2018.

"Parpol pasti akan melakukan kalkulasi terlebih dahulu sambil melihat perkembangan politik di Bandung dan Jabar," tandasnya.

Komentar

 
x