Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 April 2017 | 06:29 WIB

Gempa di Binjai Sumut tak Berpotensi Tsunami

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 18 Maret 2017 | 22:00 WIB
Gempa di Binjai Sumut tak Berpotensi Tsunami
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Medan - Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (KBBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan menegaskan, tidak ada potensi tsunami pasca gempa berkekuatan 4,8 skalarichter mengguncang Binjai, Sumatera Utara.

"Masyarakat khususnya di daerah pesisir pantai barat Sumut dan sekitarnya diminta tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,"katanya di Medan, Sabtu (18/3/2017).

Edison pun menjelaskan, gempa yang terjadi pada Sabtu (18/3) pukul 17.51 WIB itu, tepatnya terjadi di wilayah Kabupaten Karo. Gempa bumi juga dirasakan di Berastagi, Kabanjahe dan Medan.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi tanggal 18 Maret 2017 merupakan jenis gempa bumi dangkal pada struktur sesar minor atau lokal. Patut disyukuri bahwa kekuatan gempa tidak terlalu besar sehingga diharapkan tidak sampai menimbulkan kerusakan," tuturnya.

BMKG berharap, masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan informasi dari BMKG. [tar]

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x