Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 05:32 WIB

Deradikalisasi Optimal Jika Pemerintah Lakukan Ini

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 18 Maret 2017 | 17:02 WIB
Deradikalisasi Optimal Jika Pemerintah Lakukan Ini
Mantan teroris Khairul Ghazali alias Abu Ahmad Yasin - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan teroris Khairul Ghazali alias Abu Ahmad Yasin mengatakan, program deradikalisasi yang dilakukan pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) cukup berhasil.

"Buktinya banyak para ikhwan yang dulunya radikal sekarang menjadi moderat," kata Khairul dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

Menurut Khairul salah satu kunci agar para mantan teroris dapat kembali bermsyarakat yaitu dengan pendekatan hati ke hati. Dia pun mengingatkan bahwa para mantan teroris tidak bisa dinasihati dengan argumentasi.

Salah satu cara untuk meredadikalisasi teroris yaitu dengan pendekatan ekonomi.

"Kenapa, mereka melihat negara memperhatikan aku, negara memperhatikan anak-anakku, oh negara memperhatikan istri dan keluargaku. Dengan begitu mereka akan melunak, apalagi bila kondisi perekonomiannya juga baik," ujarnya.

Dia pun juga meminta pemerintah agar tidak membiarkan para mantan teroris pasaca menjalani masa hukuman agar tidak kembali ke jalan yang salah. Salah satunya memberikan keterampilan agar bisa bekerja secara mandiri untuk menghidupi keluarga.

"Langkah ini harus cepat. Hari itu mereka dibebaskan maka hari itu juga sudah mulai diperhatikan," tandas Kahirul. [tar]

Tags

Komentar

 
x