Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 April 2017 | 06:38 WIB

Ini Penyebab Overload Napi di Lapas

Oleh : - | Sabtu, 18 Maret 2017 | 02:07 WIB
Ini Penyebab Overload Napi di Lapas
Menteri Hukum dan HAM Yasonnna H Laoly - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Medan - Menteri Hukum dan HAM Yasonnna H Laoly menyebutkan jumlah narapidana (napi) terus bertambah di setiap lembaga pemasyarakatan (lapas) ataupun rumah tahanan (rutan).

Hal ini disebabkan oleh tak seimbangnya fasilitas yang tersedia untuk menampung napi yang masuk. Akibatnya, lapas dan rutan tak lagi mampu menampung warga binaan hingga terjadinya melebihi kapasitas.

"Saya benar-benar merasa kaget melihat terjadinya penambahan narapidana, dan kalau hal tersebut terus dibiarkan bisa nanti berbahaya," ujarnya, Jumat (17/3/2017).

Ia juga menyinggung keterbatasan jumlah petugas lapas yang harus mengawal warga binaan dengan jumlah yang lebih dari semestinya. Ia mencontohkan, jumlah 430 napi, tetapi hanya dikawal oleh 16 petugas keamanan. Kondisi ini tentunya membuat tak maksimal.

"Seperti itulah kenyataan yang terjadi di Lapas, dan kita tidak bisa berbuat banyak, karena juga terkendala masalah dana. Pemerintah telah memikirkan solusi over kapasitas para napi di Lapas, dan berencana akan menambah blok atau fasilitas lainnya," jelasnya. [ton]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x