Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 04:46 WIB

Ini Pesan Khusus Kiai Hasyim ke Wali Kota Depok

Oleh : Ajat M Fajar | Kamis, 16 Maret 2017 | 19:11 WIB
Ini Pesan Khusus Kiai Hasyim ke Wali Kota Depok
Wali Kota Depok Mohamad Idris - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Depok - Wali Kota Depok Mohamad Idris sangat kehilangan figur ulama bangsa ini, pasca Pimpinan Pondok Pesantren Al Hikam Depok, Jawa Barat KH Hasyim Muzadi wafat pada usia 72 tahun, Kamis (16/3/2017).

Idris yang juga satu almamater dengan Kiai Hasyim di Pondok Pesantren Modern Gontor ini memiliki kenangan tersendiri bersama sosok mantan ketua umum PBNU itu.

Idris berkisah, saat berjumpa dengan Kiai Hasyim di Milad ke-90 Pondok Pesantren Modern Gontor di Ponorogo, Kiai Hasyim berpesan khusus kepadanya agar sabar mengemban amanah.

"Pesan beliau saat itu agar ente (Idris) harus sabar dalam menapaki langkah-langkah meniti jalan menuju kebaikan hakiki, istiqamah dalam mengemban amanah ini (wali kota) dan perhatian kepada masyarakat," urai Idris menceritakan amanah dari Kiai Hasyim.

Idris mengenang figur Kiai Hasyim sebagai ulama 'aminin yang menjunjung tinggi nilai-nilai keumatan, pengetahuan dan implementasi maqashid syariah (tujuan diturunkannya syariah).

Idris mengaku kerap melakukan konsultasi kepada Kiai Hasyim dan selalu memperoleh jawaban yang memuaskan. "Sangat nampak dari semua jawaban-jawaban syariah dan persoalan sosial yang saya peroleh saat pengajian ulama umaro MUI Depok dan acara lainnya," ungkap dia.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) KH Hasyim Muzadi wafat setelah mendapatkan perawatan intensif di Malang, Jawa Timur.

Jenazah mantan ketua umum PBNU ini akan dishalatkan dan dimakamkan di kompleks pesantren Al Hikam Jl. H. Amat Kel. Kukusan Rt. 06/01 Kec. Beji Kota Depok.[jat]

Embed Widget

x