Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 Maret 2017 | 07:11 WIB
Hide Ads

Gamawan Klaim tak Kenal Andi Narogong

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 16 Maret 2017 | 18:45 WIB
Gamawan Klaim tak Kenal Andi Narogong
Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengklaim tak kenal dengan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Tidak kenal (dengan Andi Narogong)," kata Gamawan saat bersaksi di sidang kasus e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2017).

Kemudian, Gamawan juga mengklaim tidak pernah ikut dalam rapat informal bersama anggota Komisi II DPR. "Di luar rapat resmi tidak pernah," ujar Gamawan.

Dia juga mengaku tidak pernah dilaporkan Irman soal pertemuan antara pejabat Kemendagri, anggota dewan, dan Andi Narogong.

Menurut Gamawan, dia mengetahui adanya pertemuan tersebut dari mantan Sekjen Kemendagri Diah Anggraini baru-baru ini setelah penyidikan di KPK berjalan.

"Diberi tahu kemarin 30 Desember lalu oleh Bu sekjen (Diah Anggraini. Saya cuma tanya kapan itu bu kok bisa begitu?," ujar dia.

Di berkas dakwaan Irman dan Sugiharto pada Mei 2010 di ruang kerja Komisi II DPR RI Lantai 1 sebelum Rapat Dengar Pendapat (RDP), Terdakwa I (Irman) melakukan pertemuan dengan Gamawan Fauzi.

Pertemuan itu juga dihadiri Diah Anggraeni, Chaeruman Harahap, Ganjar Pranowo, Taufik Efendi, Teguh Djuwarno, Ignatius Mulyono, Mustoko Weni, Arief Wibowo, Nazaruddin, dan Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Adapun pertemuan membahas mengenai pembangunan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan pemberian NIK secara nasional serta pembicaraan pendahuluan Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) TA 2011, yang kemudian disepakati bahwa program penerapan KTP berbasis NIK secara nasional (KTP Elektronik) sebagai program Prioritas Utama yang akan dibiayai menggunakan APBN murni secara multiyears.

Dalam kesempatan itu Mustoko Weni menyampaikan bahwa yang akan mengerjakan proyek KTP elektronik adalah Andi Narogong, karena sudah biasa mengerjakan proyek di Kementerian dalam Negeri dan sudah familiar dengan komisi II DPR RI.

Selain itu Mustoko Weni juga memberikan garansi bahwa Andi Narogong berkomitmen akan memberikan sejumlah fee kepada anggota DPR dan beberapa pejabat di Kemendagri. Atas pernyataan Mustoko tersebut, kemudian Andi Narogong membenarkannya.[jat]

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x