Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 04:19 WIB

Temui Ahok, Ketua KPU DKI Dilaporkan ke DKPP

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 10 Maret 2017 | 17:33 WIB
Temui Ahok, Ketua KPU DKI Dilaporkan ke DKPP
Ketua KPU DKI Sumarno - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kehadiran Ketua KPU DKI dalam rapat internal dan tertutup tim pemenangan pasangan calon gubernur Jakarta Ahok-Djarot berbuntut panjang.

Setelah banjir kritik, kini sikap Ketua KPU Sumarno dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Adalah Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) yang melaporkan perilaku KPU dan Bawasu DKI ke DKPP.

"Ya, sesuai dengan kode etik penyelenggara pemilu, khususnya pasal 13 huruf F yang mewajibkan penyelenggara pemilu bersikap dan bertindak nonpartisan dan imparsial dengan menolak segala sesuatu yang dapat menimbulkan pegaruh burik terhadap pelaksanaan tugas, menghindari diri dari intervensi pihak lain," kata Ketua Dewan Penasehat ACTA, Hisar Tambunan, Jumat (10/3/2017).

Lebih lanjut, Hisar mengungkapkan untuk itu ACTA meminta agar DKPP melakukan penyelidikan terhadap ketiga pimpinan penyelenggara pemilu tersebut. Apabila terbukti harus dijatuhi sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Harus didapatkan informasi, hal apa saja yang menjadi agenda pembicaraan ketiga orang itu dalam rapat internal. Jika perlu DKPP menyita rekaman suara dan video pertemuan tersebut sebagai barang bukti," tandasnya.

 
x