Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 04:55 WIB

BNN Musnahkan 40 Kg Sabu dan 44 Ribu Butir Ekstasi

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 9 Maret 2017 | 12:10 WIB
BNN Musnahkan 40 Kg Sabu dan 44 Ribu Butir Ekstasi
Kepala BNN Komjen Budi Waseso - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengatakan pihaknya hari ini memusnahkan 40,5 kilogram shabu dan 44.387 butir ekstasi. Barang haram ini disita dari empat kasus yang berbeda.

"Kasus pertama yaitu ekstasi dari Jerman. Petugas Bea dan Cukai Pasar Baru mendapatkan barang sitaan berupa dua paket berisi kotak makanan dari Jerman yang di dalamnya terdapat ekstasi sebanyak 49.447 butir," katanya di Kantor BNN, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Kedua BNN juga melakukan penangkapan seorang tersangka berinisial MA. Dari tangan nakhoda kapal di perairan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu ini disita barang bukti sabu seberat 13 ribu gram.

"Dari tangan tersangka, petugas menyita shabu seberat 13.592 gram. Dari keterangan, shabu tersebut akan diserahkan ke SBK. Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap SBK di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara," bebernya.

Penangkapan ketiga terjadi Kalimantan Barat. BNN Provinsi Kalimantan Barat dan Kanwil Direktorat Bea Cukai Kalimantan Barat berhasil mengamankan enam orang tersangka dengan barang bukti 20.100 gram yang berasal dari Malaysia pada Sabtu (4/2/2017)

"Petugas mengamankan BW alias Planet dan HEN yang membawa shabu dalam mobilnya seberat 20,1 kilogram, GV dan NOT sebagai penerima. Berdasarkan hasil pemeriksaan pada empat tersangka yang telah diamankan, didapatkan keterangan bahwa mereka dikendalikan oleh dua orang yaitu DD dan SAP. Keduanya diketahui merupakan penghuni Rutan Kelas II A Pontianak," jelasnya.

Tempat penangkapan keempat terjadi di Jakarta Timur. Dimana BNN megamankan seorang pria berinisal HWY dengan barang bukti sabu seberat hampir tujuh gram.

"Keempat BNN Jakarta Timur melakukan penangkapan terhadap seorang pria bernama HWY di sebuah kos di daerah Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur, Jumat (24/2) di tempat kejadian petugas menyita shabu seberat 6.943 gram," bebernya.

Dalam pengembangan kasus, setelah ditangkap di Muara Angke (TKP Kedua) tersangka SBK berusaha melarikan diri dan melawan petugas. Tindakannya sontak membuat petugas melakukan tindakan tegas terukur dan melumpuhkannya dengan timah panas. Sayang nyawa SBK melayang saat perjalanan menuju rumah sakit.

Dari barang bukti yang dimusnahkan shabu dan ekstasi tersebut, BNN setidaknya telah menyelamatkan lebih dari 247 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba, katanya. [tar]

x