Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 20:31 WIB

Waspada, Bandar Narkoba Sasar Anak-anak Jadi Kurir

Oleh : - | Minggu, 5 Maret 2017 | 23:30 WIB
Waspada, Bandar Narkoba Sasar Anak-anak Jadi Kurir
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jombang - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengendus adanya modus baru para bandar dalam mengedarkan narkoba dengan mengincar anak-anak untuk dijadikan kurir.

Menurut Khofifah, apa yang dilakukan oleh para bandar itu memanfaatkan celah hukum salah satunya SPPA (Sistem Peradilan Pidana Anak) yakni hukuman maksimal bagi anak-anak adalah 10 tahun, sebab anak-anak itu bisa bebas bersyarat jika sudah menjalani hukuman 50 persen atau 5 tahun.

"Hasil saya keliling ke beberapa lembaga pemasyarakatan anak ada indikasi bandar narkoba memanfaatkan celah itu. Mereka menjadikan anak sebagai drug traficker (kurir narkoba). Ini harus kita waspadai," kata Khofifah, Minggu (5/3/2017).

Di samping itu, Khofifah mengaku pernah melakukan wawancara terhadap anak yang menjadi korban dari bandar narkoba di Lapas Tangerang. Menurut dia, bocah tersebut diberi uang Rp 7 juta untuk mengantarkan narkoba ke Gambir, Jakarta Pusat.

Kemudian, bocah yang lain mengaku dapat imbalan Rp 14 juta dari bandar narkoba untuk mengantarkan barang haram ke sebuah plaza di Jakarta.

"Anak-anak itu tidak tahu barang apa yang mereka antar, mereka tahunya mendapat upah cukup besar. Sekali lagi, orang tua harus memberikan perhatian lebih kepada anaknya, agar tidak menjadi incaran bandar narkoba," tandasnya.[beritajatim.com]

Tags

 
x