Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 14:53 WIB

DPR Harap BNP2TKI Segera Jelaskan Kasus TKI Sri

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 28 Februari 2017 | 22:42 WIB
DPR Harap BNP2TKI Segera Jelaskan Kasus TKI Sri
Ketua Tim Pengawas TKI, Fahri Hamzah - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Tim Pengawas TKI, Fahri Hamzah mengatakan praktik perdagangan organ manusia yang diduga menimpa Sri Rabitah sering terjadi di Timur Tengah. Menurut dia, Sri dikabarkan kehilangan ginjal saat bekerja di Qatar.

"Dalam waktu dekat tentu kita akan proses, pertanyakan karena ini satu kejahatan warga Indonesia yang tidak bisa dimaafkan," kata Fahri di Gedung DPR, Selasa (28/2/2017).

Wakil Ketua DPR ini menilai banyak majikan yang memanfaatkan ketidaktahuan TKI, sehingga melakukan praktik jual beli organ tubuh seorang TKI asal Lombok. Maka pihaknya akan meminta keterangan pihak BNP2TKI atas kasus Sri.

"Jadi keluguan dimanfaatkan dioperasi gitu lalu diambil organnya, kita tidak tahu investigasi sedalam apa tapi kita cari tahu secepatnya. Selayaknya BNP2TKI segera memberikan keterangan yang terjadi ini," ujarnya.

Di samping itu, Fahri mengatakan pemerintah juga harus melakukan investigasi terkait kasus Sri dengan menggali keterangan dari Rumah Sakit di Qatar. Misalnya, apakah ada tindakan operasi pengangkatan ginjal tanpa persetujuan atau tidak.

"Pertama-tama kesaksian dia dulu ditanya. Kalau dia merasa dicuri organnya itu, maka dia harus bersaksi dulu, kesaksian dilengkapi oleh misalnya rumah sakit tempat operasi, benar pencurian atau perdagangan," jelas dia. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x