Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 30 Mei 2017 | 00:05 WIB

Deteksi Barang Berbahaya, Polisi Kembangkan Sispek

Oleh : - | Selasa, 28 Februari 2017 | 20:55 WIB
Deteksi Barang Berbahaya, Polisi Kembangkan Sispek
Wakil Kepala Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Akhmad Yusep Gunawan - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pihak kepolisian sedang mengembangkan sebuah sistem informasi perlindungan konsumen (Sispek).

Hal itu dikatakan Wakil Kepala Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Akhmad Yusep Gunawan sebagai salah satu pembicara dalam diskusi Microsoft Asia Digital Transformation Study di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Nantinya, masyarakat yang hobi berbelanja online tak perlu lagi khawatir mengenai keabsahan produk yang diinginkan. Sistem itu akan dapat memonitor, apakah barang ini berbahaya, kapan diproduksi, apakah ber-SNI, dan sebagainya.

"Sistem ini akan kami integrasikan," ujar AKBP Akhmad yang pernah menjabat sebagai Kapolres Kediri.

Sekadar informasi, pengembangan sistem ini melibatkan beberapa pihak termasuk Microsoft Indonesia. Sebelumnya AKBP Akhmad berhasil menginisiasi program e-Tilang dengan berkolaborasi bersama PT Trimaxindo Abadi dan Microsoft Indonesia serta Pemda Kediri sendiri.

AKBP Akhmad menyinggung bom berbentuk panci yang meledak di Taman Pandawan, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa hari lalu. Pihaknya akan membuat sistem tambahan untuk mendeteksi bahan-bahan terlarang.

"Berangkat dari bom panci kemarin, kami juga dapat mendeteksi bahan bahan dan kandungan dalam barang tersebut apakah dia dilarang dan sebagainya karena ada tujuh item barang yang tidak boleh beredar apabila bertemu akan menjadi barang yang berbahaya," pungkasnya. [rok]

Tags

 
x