Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:39 WIB

Tiga Keuntungan Kunjungan Raja Salman ke Indonesia

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 27 Februari 2017 | 05:00 WIB
Tiga Keuntungan Kunjungan Raja Salman ke Indonesia
Presidne Joko Widodo dengan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira mengatakan, kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indoesia merupakan kunjungan yang strategis. Kunjungan ini akan tercatat dalam sejarah sebagai kunjungan seorang kepala negara dengan delegasi terbesar yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Politikus PDI Perjuangan ini pun menilai, ada tiga keuntungan yang dapat diartikan dalam kunjungan Raja Salman dan 1.500 rombongannya.

"Pertama dari aspek ekonomi kunjungan ini diikuti oleh delegasi pemerintah 10 menteri dan pangeran-pangeran yang mempunyai otoritas penting dalam kerjasama ekonomi dan investasi. Rencana investasi puluhan milyar US dollar kiranya akan mempererat hubungan kerjasama ekonomi kedua negara," kata Andreas kepada INILAHCOM, Minggu (26/2/2017).

Kedua lanjut Andreas dari aspek politik. Kunjungan Raja Salman mempunyai nilai strategis mengingat Arab Saudi adalah middle power di Timur Tengah, seperti poisis Indonesia di Asia Tenggara. "Kerjasama dan peningkatan hubungan bilateral antar kedua negara akan menjadi faktor yang menentukan stabilitas di kedua kawasan," ujarnya.

Ketiga dari aspek agama dan budaya, kerjasama kedua negara akan meningkatkan kualitas kehidupan agama dan peradaban muslim didunia, mengingat Arab Saudi sebagai pusat peradaban muslim dunia yang didalamnya terdapat dua kota suci yaitu Makkah dan Madinah. Sementara Indonesia sebagai negara demokrasi Pancasila dengan populasi muslim terbesar di dunia.

"Membangun kerjasama di bidang agama dan kebudayaan diharapkan tentu akan menghasilkan pemahaman yg sama antar kedua negara yang tentunya akan menjadi barometer bagi perdamaian dunia, khususnya masyarakat muslim dunia," tandasnya. [fad]

 
x