Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 Juli 2017 | 19:33 WIB

Bagaimana Raja Salman Memandang Indonesia?

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 27 Februari 2017 | 03:00 WIB
Bagaimana Raja Salman Memandang Indonesia?
Presiden Joko Widodo dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud akan berkunjung ke Indonesia 1-9 Maret mendatang. Tak tanggung-tanggung Raja Salman membawa 1.500 rombongan. Dia juga turut memboyong 10 Menteri dan 25 Pangeran.

Terakhir kunjungan Raja Arab ke Indonesia tahun 1970 atau 47 tahun silam. Indonesia saat itu dipimpin oleh orde baru dibawah kepemimpinan Soeharto. Sementara Arab Saudi saat itu dibawah kepemimpinan Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Saud.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai, Indonesia terlihat mempunyai arti penting bagi Arab Saudi. Salah satunya Arab Saudi dikabarkan membawa investasi senilai 25 miliar dolas AS atau setara Rp300 triliun.

"Ini jelas sangat baik bagi Indonesia," kata Sukamta kepada INILAHCOM, Minggu (26/2/2017).

Politikus PKS itu menambakan, pemerintah Indonesia harus mampu mengoptimalkan penguatan hubungan bilateral dengan Arab Saudi dalam kunjungan Raja Salman ini. Salah satunya membicarakan perlindungan TKI Indonesia di Arab Saudi.

"Selain itu yang tentu diharapkan oleh ummat Islam di Indonesia, adanya tambahan kuota Haji," ujarnya.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah adanya kesempatan kedua negara untuk meningkatkan peran di dunia terutama di dunia Islam. Apalagi Indonesia dikenal sebagai umat muslim terbesar di dunia.

"Peran strategis kedua negara juga dapat dikembangkan untuk membangun masa depan dunia Islam yang mampu bersaing di tataran global," tandasnya. [fad]

 
x