Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 16:11 WIB

Terbitkan Izin Semen Rembang, Ganjar Dinilai Tepat

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 25 Februari 2017 | 17:25 WIB
Terbitkan Izin Semen Rembang, Ganjar Dinilai Tepat
Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mengatakan, keputusan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menerbitkan kembali ijin lingkungan Semen Rembang merupakan hal yang tepat.

"Saya kenal dan yakin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sudah cermat dan tepat dalam menetapkan keputusan izin lingkungan Semen Rembang. Jadi kalau dia mengeluarkan izin pasti sudah dengan kajian yang komprehensif," kata Teguh, Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Dari segi hukum, Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro, FX Adji Samekto mengatakan, putusan Mahkamah Agung (MA) terhadap Semen Rembang, tidak bersifat multitafsir. Menurut Adji, putusan MA secara jelas hanya memerintahkan dua hal terkait polemik pabrik Semen Rembang.

"Dalam amar putusan MA Nomor 99/PK/TUN/2016 tanggal 5 Oktober 2016 tegas dinyatakan menyatakan batal SK Gubernur Jateng Nomor 660.1/17 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan PT Semen Gresik dan kedua, memerintahkan tergugat mencabut SK tersebut. Jadi sudah tegas," kata Adji.

Dengan begitu keputusan Ganjar dinilai telah dilakukan secara tepat. Politikus PDIP itu juga dinilai telah mematuhi dan melaksanakan kedua putusan MA tersebut kepada pabrik Semen Rembang.

"Pak Gubernur sudah komprehensif. Melaksanakan perintah putusan MA dan mencabut SK Gubernur Jateng Nomor 660.1/17 Tahun 2012 tersebut," ujarnya.

Adji juga mengatakan bahwa secara hukum tidak dilarang sebuah perusahaan, seperti Semen Rembang, yang sebelumnya telah dicabut izin lingkungannya kemudian mengajukan pembaruan kembali.

"Izin usaha bisa dimiliki apabila telah diterbitkan izin lingkungan. Dengan kata lain, izin usaha bisa dikeluarkan bila telah diterbitkan izin lingkungan," tandasnya.

Sebelumnya, penyempurnaan amdal yang diajukan kembali oleh Semen Rembang dinyatakan memenuhi kelayakan dan direkomendasikan dapat diterbitkan izin lingkungan.

Penilaian tersebut dilakukan setelah melalui sidang komisi amdal oleh dua belas pakar dari berbagai keahlian serta perguruan tinggi negeri serta swasta yang dilakukan pada awal Februari lalu. [rym]

Komentar

 
x