Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:40 WIB

KPK Pantau Aset Milik Geo Dipa

Oleh : Ajat M Fajar | Jumat, 24 Februari 2017 | 20:21 WIB
KPK Pantau Aset Milik Geo Dipa
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengunjungi Lapangan Panas Bumi Patuha milik BUMN PT Geo Dipa Energi (Persero) yang berlokasi di Jawa Barat untuk melihat secara langsung proses produksi energi panas bumi.

Kunjungan KPK tersebut didampingi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Kami bersyukur Geo Dipa mendapat perhatian dari berbagai instansi yang concern terhadap energi panas bumi, yang merupakan aset negara ini," kata Corporate Secretary Geo Dipa, Endang Iswandini dalam keterangan persnya, Jumat (24/2/2017).

Dia menjelaskan, para pejabat yang mengunjungi Lapangan Panas Bumi Patuha adalah Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Direktur Panas Bumi (EBTKE) Yunus, dan Senior Manager Pengelolaan Pembangkit PLN, Divisi Operasi Regional Jawa Bagian Tengah Komang Parmita.

Pada saat kunjungan tersebut, Saut Situmorang menyampaikan penegasannya bahwa pihak KPK akan melakukan perlindungan maksimal terhadap aset-aset negara dari berbagai potensi kerugian.

"KPK menjunjung tinggi keadilan dan kejujuran, namun yang sangat utama adalah melindungi aset-aset negara dari berbagai berpotensi menyebabkan kerugian keuangan terhadap negara," kata Saut.

Menurut Saut, pihaknya melihat Geo Dipa bukan hanya sekedar dari kacamata sektor energi, tapi juga menyaksikan bahwa Geo Dipa ikut menggerakkan perekonomian sebagai pengasil listrik.

"Kami akan menjaga Geo Dipa sebagai salah satu aset negara yang bisa menyelamatkan bangsa Indonesia dari krisis listrik di masa depan," kata Saut.

Sementara itu Komisaris Geo Dipa Djajang Sukarna, menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas kunjungan para pejabat tersebut. Dari pihak manajemen Geo Dipa hadir juga Direktur Utama Riki Ibrahim, dan semua direktur BUMN tersebut.

Djajang Sukarna mengatakan, pihaknya merasa didukung penuh oleh pemerintah dan instansi terkait terutama perhatian dari segi produksi dan pengembangan ke depan.

"Permasalahan memang ada, namun demikian dengan kunjungan ini, kami menjadi sangat optimis untuk menyelesaikan masalah itu," katanya.

Djajang juga menjelaskan bahwa dengan dukungan dari negara, tentunya segenap jajaran Geo Dipa akan lebih maksimal lagi dalam berkontribusi untuk penyediaan listrik negara dari energi bersih.

Sebelumnya, kunjungan pejabat KPK, Kementerian ESDM, PLN ke lapangan panas bumi Geo Dipa ini bukan yang pertama kali dilakukan, karena pada Rabu (15/2/2017) juga mengunjungi lapangan panas bumi di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.[jat]

Tags

 
x