Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 Juli 2017 | 19:34 WIB

Mahasiswa Universitas Padang Khatamkan Alquran

Oleh : Ajat M Fajar | Kamis, 23 Februari 2017 | 14:13 WIB
Mahasiswa Universitas Padang Khatamkan Alquran
(Foto: inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Padang - Sebanyak dua ribu mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti khataman Alquran di Masjid al-Azhar, Kampus UNP, Padang, dalam perhelatan Nusantara Kampus Mengaji.

Hadir dalam acara yang berlangsung Rabu (22/2) malam itu, Menristekdikti M Nasir, Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, Rektor UNP Prof Ganefri, dan Rektor Universitas Andalas Prof Tafdhil Husni serta segenap civitas akademik UNP.

Menurut M Nasir, menjelaskan kegiatan Nusantara Mengaji yang digagas tahun lalu, dideklarasikan bersama di Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta. Kegiatan ini berhasil mengkhatamkan Alquran secara bersama sebanyak 300 ribu kali khamatan.

Tujuan utama dari kegiatan ini, ungkap dia, adalah menjaga kedamaian dan ketentraman bangsa Indonesia. "Dengan berkah Alquran semoga bangsa Indonesia menjadi rukun," kata dia.

Apalagi, imbuh dia, pada era sekarang marak beredar kabar hoax yang sangat rentan memicu perpecahan. Dia mengingatkan segenap eleman bangsa jangan mudah diadu domba.

Koordinator Nasional Nusantara Mengajil, Jazilul Fawaid, menjelaskan Nusantara Mengaji adalah upaya gerakan mengajak gemar mengaji.

Menurut dia, saat ini Alquran sudah kian jauh dari masyarakat. Kebiasaan membaca Alquran sudah mulai punah dari kebiasaan generasi muda bangsa. "Mari kita sempatkan waktu membaca Alquran lagi," kata Jazilul.

Lebih lanjut, Jazilul menjelaskan salah satu cara membangun karekter bangsa adalah kembali mencintai Alquran. Indonesia akan bangkit jika masyarakatnya mempunyai pemahaman dan keyakinan yang benar terhadap kitab suci tersebut.

Dia meyakini, kemajuan peradaban Islam akan mucul dari indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia jika umat Islam Indonesia, benar-benar menghayati dan mempraktikkan nilai-nilai Alquran. Dia pun mengajak mahasiswa UPN menggelar khataman Alquran serupa setiap bulan.

Rektor UNP, Ganefri, berharap kegiatan ini akan meningkatkan kualitas mental dan karakter mahasiswa dan dosen. Sehingga mahasiswa tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi uga cedas secara spiritual. Kedepan pihaknya berencana menggarakkan maghrib mengaji, serta shalat subuh berjamaah bagi civitas akademika UPN.[jat]

 
x