Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 03:28 WIB

DPR Minta Pemerintah Tindak Penyalur TKI Nakal

Oleh : Fadly Zikri | Kamis, 2 Februari 2017 | 14:45 WIB
DPR Minta Pemerintah Tindak Penyalur TKI Nakal
Anggota Komisi IX DPR, Muhammad Iqbal - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi IX DPR meminta pemerintah menindak tegas perusahaan penyalur tenaga kerja yang tetap memberangkatkan TKI di masa moratorium yang ditetapkan pemerintah. Terlebih, ada indikasi perdagangan manusia dalam pengiriman TKI tersebut.

"Cabut izin PPTKIS (Perusahaan Pengirim TKI Swasta) tersebut jika benar melakukan pengiriman pekerja informal ke negara-negara yang masuk dalan moratorium," kata anggota Komisi IX DPR, Muhammad Iqbal di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

"Selama masih moratorium pengiriman pekerja informal ke negara-negara di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, tentu tidak dibenarkan ada PPTKIS melakukan pengiriman itu. Oleh karenanya, pemerintah harus bersikap tegas," tambahnya.

Moratoirum pengiriman TKI sektor domestik itu diberlakukan pemerintah sejak Mei tahun lalu. Sampai saat ini moratoirum tersebut belum dicabut. Namun, dalam masa moratorium itu, masih ditemukan ada pengiriman puluhan ribu TKI dengan modus untuk ditempatkan di sektor formal.

"Di samping itu pengiriman pekerja informal ke negara-negara Timur Tengah yang masih moratorium bisa membahayakan keselamatan para pekerja kita karena mereka bekerja tanpa mempunyai surat resmi bekerja dari pemerintah Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya, sebanyak 45 TKI ditemukan terlantar dan ditahan di penampungan di Jedah akibat tidak memiliki surat resmi. Mereka disalurkan oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab. [rok]

Tags

Komentar

 
x