Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 16:57 WIB

KPK Tidak Lanjuti Laporan Dugaan Korupsi Dana Desa

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 29 Januari 2017 | 19:37 WIB
KPK Tidak Lanjuti Laporan Dugaan Korupsi Dana Desa
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, pihaknya menerima 362 laporan dugaan korupsi yang berkaitan dengan penggunaan dana desa.

Menurut Febri, dari jumlah laporan itu, ada 87 laporan yang layak untuk ditindaklanjuti. Namun, dia tidak merincikan apa yang jadi materi laporan atau dalm bentuk apa dugaan korupsi itu dilakukan.

"Sebanyak 87 laporan itu layak untuk ditindaklanjuti," kata Febri, Jakarta, Minggu (29/1/2017).

Febri menjelaskan, 87 laporan itu akan ditelaah lebih dalam lagi untuk menentukan tindaklanjutnya. Apakah akan diteruskan ke tahap penyelidikan atau tidak. Namun, kata dia, apabila kedepan memungkinkan untuk dibuka penyelidikan, maka hal itu tentunya akan dilakukan pihaknya.

"(Laporan itu) Masih perlu kita telaah lebih dalam lagi," ujar Febri.

Dipertegas daerah mana saja yang saat ini sudah melapor ke KPK, Febri pun mengaku belum mengetahui dengan detail. Menurut dia, laporan itu banyak masuk setelah KPK melakukan imbauan terkait dengan pemantauan dana desa. KPK pun berharap partisipasi masyarakat lebih luas terkait pemantauan dana desa.

"Kita dapat cukup banyak laporan terkait hal itu (dugaan korupsi). Ini sebenarnya untuk mendorong partisipasi masyarakat yang lebih luas agar mengawasi dana desa di masing-masing lokasi mereka," papar Febri. [ind]

Tags

 
x