Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 28 Mei 2017 | 00:22 WIB

Nusantara Mengaji Gelar Safari Dakwah di Lampung

Oleh : Ajat M Fajar | Rabu, 25 Januari 2017 | 18:04 WIB
Nusantara Mengaji Gelar Safari Dakwah di Lampung
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Nusantara Mengaji menggelar Safari Dakwah (Safda) di Provinsi Lampung. Kegiatan ini dalam rangka mengampanyekan cinta dan gemar membaca Alquran.

Ketua Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, mengatakan safari yang berlangsung 25-26 Januari ini, untuk mengajak seluruh lapisanmasyarakat mendekatkan diri kepada Allah melalui khataman Alquran.

Jazilul menambahkan selain mengajak masyarakat dekat dengan Alquran, safda juga bagian dari upaya memperkuat jejaring alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) yang berada di Lampung.

Keberadaan mereka di wilayah masing-masing berkontribusi besar memajukan syiar Islam, terutama menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap Alquran.

"Mereka adalah agen perubahan di tempat masing-masing," katanya saat melepas rombogan Safda Nusantara Mengaji di Asrama PTIQ Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Jazilul yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (IKAPTIQ) Jakarta ini mengatakan selain mengadakan khataman Alquran, perjalanan Safda Nusantara Mangaji yang menelusuri daerah Kalianda, Pringsewu, dan Metro juga akan dihadiri oleh Menristekdikti, M. Nasir.

Sedangkan wilayah Lampung yang menjadi tujuan safari, sambungnya, merupakan bagian dari napak tilas ulama-ulama penghafal Alquran.

Sebab wilayah ini menjadi salah satu daerah yang mempunyai tradisi kuat dalam melahirkan para penghafal Alquran dan memiliki banyak pesantren takhasus (pesatren khusus menghafal Alquran-red).

"Melalui safda ini kita juga ingin menelusuri sanad (silsilahred) ulama-ulama nusantara penghafal Alquran. Sekaligus mengaskan sejarah, bahwa sejak dulu pun para ulama selalu menjadikan mengaji sebagai media membangun peradaban bangsa," tuturnya.

Ke depan Safda IKAPTIQ Nusantara Mengaji akan digelar di sejumlah wilayah. Jawa Barat akan menjadi tujuan berikutnya dengan melintasi rute Depok hingga Ciamis.[jat]

 
Embed Widget

x