Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 21:32 WIB

Tim Saber Pungli Tangkap Pegawai Dispenda

Oleh : - | Rabu, 25 Januari 2017 | 01:19 WIB
Tim Saber Pungli Tangkap Pegawai Dispenda
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Manokwari - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menangkap seorang oknum pegawai Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang sedang melancarkan aksinya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua Barat AKBP Hary Supriyono mengatakan, pegawai tersebut berinisial HS yang ditangkap saat hendak menyetor blanko pembayaran di salah satu kantor perbankan.

"Pelaku yang berstatus pegawai negeri ini kedapatan melakukan pungutan liar. Sehingga dilakukan operasi tangkap tangan oleh Tim Saber Pungli Kabupaten Manokwari yang dipimpin Waka Polres Manokwari," kata Hary, Selasa (24/1/2017).

Aksi tersebut diketahui setelah tim memperoleh laporan dari korban yang hendak membayar dana izin mendirikan bangunan atas pembangunan gedung sebuah yayasan.

"Korban merasa ada kejanggalan dalam pembayaran yang dilakukan sehingga dia langsung menyampaikan laporan kepada tim Saber Pungli," ujarnya.

Saat ini, pelaku diamankan di kantor Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari. Tim juga mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp.750 ribu pada OTT tersebut.

Selain uang, tim juga memperoleh bukti lain seperti bukti setoran retribusi daerah tentang izin bangunan tahun 2017 milik korban.

Dia berharap, penangkapan ini membuat jera para pelaku lain yang selama ini melakukan praktik serupa.

"Kami menilai pemerintah daerah juga cukup serius memberantas praktik pungli. Tadi saat operasi bapak bupati Manokwari ikut, karena beliau adalah penanggung jawab tim Saber Pungli dan Polres sebagai pelaksana," tambahnya. [tar]

 
x