Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:43 WIB

PDIP Nilai Sistem Presidensial Harus Diperkuat

Oleh : Fadhly Zikry | Sabtu, 21 Januari 2017 | 06:00 WIB
PDIP Nilai Sistem Presidensial Harus Diperkuat
Politikus PDI Perjuangan Rahmat Hamka - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

PDIP Nilai Sistem Presidensial Harus Diperkuat

INILAHCOM, Jakarat - Politikus PDI Perjuangan Rahmat Hamka meminta semua pihak yang terlibat dalam revisi Undang-undang Pemilu tidak gegabah dalam menentukan ambang batas suara partai politik di Parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) dan syarat mencalonkan Presiden di Pemilu (Presidential Threshold).

"Menurut saya kita harus melihat arah demokrasi yang hendak kita bangun, yaitu adanya penguatan sistem presidential," kata Rahmat kepada INILAHCOM, Jumat (20/1/2017).

Menurut anggota Komisi II DPR ini, penguatan sisitem presidensial itu lah yang harus dijadikan pertimbangan dalam menentukan PT.

"Hal ini dulu yang harus jadi pedoman dan pertimbangan dalam memutuskan sistem pemilu dan Parliament/Presidential threshold," ujarnya.

Seperti diketahui, DPR saat ini tengah membahas revisi UU Pemilu serentak 2019. Salah satu yang menjadi perbincangan yaitu mengenai ambang batas suara partai di parlemen (PT) dan Presidential Threshold. Ada yang menyuarakan PT dihilangkan dan ada yang meginginkan dinaikkan dari 3.5 persen menjadi 10 persen. [fad]

 
x