Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 21:57 WIB

Ada Pungli, Polri Imbau Warga Segera Lapor

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 18 Januari 2017 | 20:43 WIB
Ada Pungli, Polri Imbau Warga Segera Lapor
Komjen Dwi Priyatno - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Pelaksana Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Komjen Dwi Priyatno mengimbau agar masyarakat sigap melaporkan kepada aparat bila menjadi korban pungli.

Ia meminta masyarakat segera mencatat dan memotret oknum pelayanan masyarakat yang kedapatan melakukan pungli sebagai barang bukti dan langsung menyeretnya untuk diserahkan kepada satgas.

"Kadang-kadang masyarakat lapor, Pak ada pungli di sini. Tapi nggak ada petunjuk lagi. Kalau kami kan, butuh penyelidikan, perlu proses. Jadi, bisa datang bersama petugas kami yang menindak. Kami langsung bisa melakukan penindakan," kata Dwi di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2017).

Dwi menambahkan, OTT adalah cara yang paling ampuh untuk menindak oknum pelaku pungli. Ia pun memuji kinerja Satgas yang berhasil melakukan puluhan OTT.

"Sampai saat ini sudah 81 OTT sedang diproses. Ada yang sudah di kejaksaan, ada yang masih penyidikan. Kami juga menindak 299 perkara pungli yang melibatkan Polisi," ujarnya.

Dwi pun mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) di Tanah Air.

"Semua provinsi sudah membentuk UPP dan juga untuk kementerian/lembaga sudah membentuk serta kabupaten/kota kurang lebih ada 290. Sudah membentuk UPP itu sehingga apa yang diamanatkan oleh Perpres 87 itu, pemberantasan pungli yang tegas, terpadu, efisien, efektif dan efek jera itu diharapkan akan dilaksanakan," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x