Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 09:00 WIB

Satgas Saber Pungli Telah Tangani 81 OTT

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 17 Januari 2017 | 19:32 WIB
Satgas Saber Pungli Telah Tangani 81 OTT
Menkopolhukam Wiranto - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengungkapkan sejumlah pembahasan yang diangkat dalam rapat terbatas dengan topik lanjutan pembahasan Reformasi Hukum di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2017).

Ia menyebut adanya evaluasi Reformasi Hukum tahap pertama yang saat ini telah dijalankan oleh pemerintah.

"Hari ini sidang terbatas kabinet kerja membahas masalah mengenai reformasi hukum. Jadi, kita sudah melaksanakan reformasi hukum tahap pertama. Hukum instrumennya ya, aparat dan budayanya. Jadi, menyangkut tiga hal itu," kata Wiranto di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2017).

Melalui evaluasi Reformasi Hukum tahap pertama, disampaikan bahwa Satgas Saber Pungli yang dibentuk pemerintah mendapatkan sambutan cukup baik dari masyarakat.

"Masyarakat luas ikut berpartispasi kegiatan satgas ini. Terbukti, laporan yang diterima Satgas Saber Pungli di pusat saja, selama kurang lebih 2 bulan ini kira-kira 22.000 lebih baik website, SMS maupun langsung callcenter," kata Wiranto di area Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2017).

Hal itu dinilainya bahwa masyarakat benar-benar mendukung pemberantasan praktik pungli di Tanah Air.

"Sebagian besar laporan itu langsung ditindaklanjuti instansi lembaga pelayanan publik yang menangani langsung dan sudah langsung tindakan adminsitrasi, tindakan hukum dan tindakan lainnya," tuturnya.

Adapun sejauh ini Satgas Saber Pungli telah melakukan 81 operasi tangkap tangan (OTT) di berbagai instansi pemerintah, terutama yang menyangkut pelayanan publik.

"Itu menunjukkan betul-betul ada kesungguhan pemerintah untuk memberantas pungli yang nyata-nyata membebani masyarakat kecil, tapi tidak berarti hanya memberantas pungutan liar. Semuanya disapu yang kecil dan besar, namanya juga sapu bersih," paparnya.

Lebih jauh, ia memastikan satgas yang berada di bawah pengawasan Kemenkopolhukam itu akan mengikuti arahan Presiden Jokowi agar pemberantasan pungli tidak akan kendor.

"Ada pertanyaan masyarakat apakah ini hanya semusim saja? Kami sampaikan petunjuk Presiden agar dilanjutkan sampai pungutan liar ini benar-benar bersih dari kehidupan kita sebagai bangsa," tandasnya. [ton]

 
x