Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 Juli 2017 | 21:46 WIB

Istri Nikah Lagi, Napi di Lampung Gantung Diri

Oleh : - | Senin, 16 Januari 2017 | 23:11 WIB
Istri Nikah Lagi, Napi di Lampung Gantung Diri
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandarlampung - Paryono (35) alias Gundul narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Rajabasa, Lampung ditemukan tewas gantung diri di ruang isolasi. Gundul sengaja ditempatkan di ruang isolasi lantaran mengalami gangguan kejiwaan.

"Paryono ditemukan gantung diri oleh petugas kebersihan," kata Kabid Pembinaan Napi Lapas Rajabasa Giyono, Senin (16/1/2017).

Korban gantung diri menggunakan tali kain sarung di ruang isolasi yang ditempatinya sejak 17 Desember 2016. Dugaan bunuh diri yang dilakukan itu karena istrinya minta izin untuk menikah lagi, sehingga yang bersangkutan mengalami gangguan kejiwaan.

"Semenjak istrinya meminta izin untuk menikah lagi, Paryono mengalami perubahan tingkah laku, diawali dari tahun lalu sebelum masuk ruang isolasi yang bersangkutan merusak kapal hias telur untuk (acara) Maulid Nabi, alasannya di kapal itu ada istrinya," ujarnya.

Ia juga pernah mencoba bunuh diri dengan lompat dari pohon tapi dapat dicegah oleh rekan-rekannya.

"Dirinya dibujuk untuk turun, akhirnya Paryono bersedia untuk turun dan untuk keamanan yang bersangkutan terpaksa dimasukkan ke ruang isolasi," jelasnya.

Paryono adalah terpidana kasus pencurian dengan kekerasan dijerat Pasal 365 KUHP tahun 2011 dengan masa hukuman empat tahun enam bulan.

Lalu tahun 2012, terdakwa kembali divonis sembilan tahun penjara karena tersangkut pasal 338 KUHP tentang tindak pidana pembunuhan.

Saat itu, Paryono melakukan pembunuhan terhadap rekannya sesama napi bernama Rudi Suroso dengan memukul korban menggunakan lumpang atau cobek, alat untuk membuat sambal.

"Seharusnya napi yang akhirnya gantung diri itu sudah mendapatkan pembebasan bersyarat, namun karena kembali melakukan tindak pidana hukumannya diakumulasikan atau ditambah," tandasnya. [tar]

 
x