Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 31 Maret 2017 | 05:33 WIB
Hide Ads

Eks Pansel Tagih Janji Pimpinan KPK

Oleh : Ajat M Fajar | Kamis, 12 Januari 2017 | 16:02 WIB
Eks Pansel Tagih Janji Pimpinan KPK
Mantan Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK jilid IV Yenti Garnasih - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid IV Yenti Garnasih menanyakan kasus-kasus lama yang belum diselesaikan setelah melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK untuk menagih janji para pimpinan KPK.

"Saya tadi menanyakan kasus-kasus lama seperti kasus Bank Century," kata Yenti di gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Selain Yenti, ada empat mantan Pansel KPK yang melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK hari ini antara lain Diani Sadiawati, Enni Nurbaningsih, Harkristuti Harkrisnowo, dana Natalia Subagyo.

Menurut dia dalam pertemuan itu, pimpinan KPK menyatakan untuk menuntaskan kasus-kasus lama itu akan dipilah-pilah, mana yang akan dituntaskan sendiri mana yang akan dilimpahkan ke kejaksaan atau kepolisian.

"Itu yang disampaikan ketua dan Komisioner KPK tadi," kata Yenti.

Dalam pertemuan itu, dirinya hanya menanyakan apa saja kendalanya soal kasus-kasus lama tersebut dan ia menilai terkendala dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan anggaran.

Saat disinggung terlalu banyak lobi dalam penuntasan kasus, Yenti hanya menyatakan bahwa yang berkaitan dengan kasus-kasus lama harus ditindak segera.

"Itu lah gunanya KPK bahwa KPK adalah mempercepat kalau pada masa lalu ya awalnya ditangani oleh kejaksaan dan kepolisian kurang cepat makanya ditangani oleh KPK agar lebih cepat. Tetapi kalau kenyataannya KPK tidak lebih cepat kan tidak sesuai dengan harapan pada waktu Undang-Undang (KPK) ini dibuat tahun 2002," tuturnya.

Seperti diketahui, sembilan wanita menjadi anggota Pansel KPK untuk menjaring pimpinan KPK jilid IV antara lain Destry Damayanti (Ketua), Enny Nurbaningsih, Harkristuti Haskrisnowo, Betti Alisjahbana, Yenti Garnasih, Supra Wimbarti, Natalia Subagio, Diani Sadiawati, dan Meuthia Ganie-Rochman.

Mereka menyerahkan nama-nama calon pimpinan KPK jilid IV kepada Presiden Joko Widodo yang kemudian diserahkan ke DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Dalam prosesnya terpilih lima pimpinan KPK yang menjabat saat ini antara lain Agus Rahardjo (Ketua), Saut Situmorang, Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, dan Alexander Marwata.[tar]

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x