Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 16:14 WIB

Polri-BNN Usul Gorila-Kecubung Masuk Jenis Narkoba

Oleh : Fadhly Zikry | Rabu, 11 Januari 2017 | 18:28 WIB
Polri-BNN Usul Gorila-Kecubung Masuk Jenis Narkoba
Kabag Penum Polri Kombes Pol Martinus Sitompul - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabag Penum Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan, Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengusulkan tembakau jenis gorila dan daun kecubung masuk dalam jenis narkoba. Hal itu agar perang terhadap semua jenis narkoba dapat terus dilakukan.

"Penyidik Polri dan pihak BNN baru bisa melakukan penegakan hukum kalau sudah diatur dalam peraturan menteri. Saat ini ada 15 jenis yang diusulkan masuk dalam peraturan itu baik (narkoba) golongan 1, 2, dan 3," kata Martinus, Rabu (11/1/2017),

Daun kecubung merupakan salah satu tanaman yang memiliki efek seperti narkoba. Tanaman berbunga mirip terompet yang banyak terdapat di alam liar dan halaman rumah-rumah di Indonesia itu jika dikonsumsi akan menciptakan halusinasi.

"Juga melamun, suka makan tapi malas. Ini muncul dari jenis zat kimia didalamnya sehingga perlu masuk peraturan Menkes, masuk penegakan hukum," tuturnya.

Sedangkan tembakau gorila merupakan adalah semacam ganja buatan atau sintetis yang punya efek sama rasa malas, melamun, dan halusinasi.

"Ada di Bali, Sumut, Jakarta. Kami sudah pantau tapi enggak bisa lakukan upaya pencegahan karena belum ada aturannya yang melarang," tandasnya.

Polri dan BNN pun mendorong agar tembakau gorila dan kecubung dimasukkan dalam kategori narkoba melalui peraturan menteri.[jat]

Tags

 
x