Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 Maret 2017 | 07:09 WIB
Hide Ads

Menteri LHK Dukung Sineas Peduli Lingkungan

Oleh : - | Rabu, 21 September 2016 | 18:21 WIB
Menteri LHK Dukung Sineas Peduli Lingkungan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, mendukung penuh komunitas sineas dalam menyampaikan pesan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Tidak ada keraguan sedikitpun bagi kami untuk memberikan dukungan kepada Dewan Kreatif Rakyat, dalam hal ini kami sangat menghargai industri kreatif," ujar Menteri LHK pada perayaan Hari Perdamaian Sedunia dan Hari Kemanusiaan Sedunia yang diselenggarakan International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) dan World Humanitarian Awards (WHA) dan Dewan Kreatif Rakyat (DKR) di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta, Senin malam (19/9/2016).

"Lingkungan itu berkaitan dengan peradaban, dan itu juga adalah persoalan lifestyle. Dunia kreatif menjadi sangat penting memberikan inspirasi terhadap perubahan peradaban tersebut," ungkap Siti Nurbaya.

Pada acara ini juga diluncurkan Gerakan Sosial World Environment Movement (WEM), yang merupakan sebuah gerakan sosial yang bertujuan membantu kepedulian masyarakat dunia akan pentingnya lingkungan hidup bagi kemanusiaan dan perdamaian.

"Indonesia harus mengambil posisi terdepan dalam kampanye Lingkungan Hidup dan tidak boleh main-main dalam menangani masalah yang sangat serius ini.Semua pihak, khususnya kalangan media dan dunia kreatif, adalah ujung tombak untuk membangun kesadaran ini," tegas Menteri Siti.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menekankan pentingnya lingkungan hidup bagi kemanusiaan dan perdamaian. "World Environment Movement merupakan sebuah gerakan sosial yg bertujuan membangun awareness masyarakat dunia," tegasnya.

Acara ini juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memberikan sambutan dan apresiasi serta dukungannya serta para duta besar negara sahabat, raja-raja di Nusantara, sineas-sineas mancanegara, artis-artis ibukota, perwakilan PBB, para penggiat lingkungan hidup dan kemanusiaan dan masyarakat.

Dalam sambutannya Lily Wahid selaku Penasehat Dewan Kreatif Rakyat menyatakan terima kasih atas dukungan Menteri Siti Nurbaya dalam upaya menekankan pentingnya lingkungan hidup bagi kemanusiaan dan perdamaian, "Tidak ada kemanusiaan dan perdamaian tanpa lingkungan hidup, dan sebaliknya," tanda Lily Wahid.

Tahun ini IFFPIE memilih film "Forgiveness" asal Lebanon sebagai pemenangnya. Film yang disutradarai Rima Irani, yang datang langsung dari Lebanon untuk menerima langsung penghargaan ini.

Damien Dematra selaku founder dan director Festival Perdamaian dan Kemanusiaan ini mengatakan, terpilihnya film ini Forgiveness sebagai Overall Winner IFFPIE tidak hanya mengukir sejarah baru di festival yang telah berlangsung selama lima tahun ini."Akhirnya kita mempunyai juara perempuan yang menunjukkan bahwa film merupakan jembatan terbaik untuk berdamai dengan diri kita," ucapnya dengan antusias.

Untuk memperkuat pesan lingkungan hidup, perdamaian dan kemanusian, diluncurkan perdana video klip "Bumiku" karya penyanyi muda Natasha Dematra. Videoklip yang disutradarai langsung oleh pemegang rekor dunia sutradara perempuan termuda di dunia ini adalah soundtrack dari Film Dokumenter "Siti Nurbaya Bakar: Srikandi Pembawa Perubahan". Lagu yang diciptakan bersama Abah Ukam ini membawa pesan yang kuat akan bahaya pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah manusia. [*]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x