Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 02:43 WIB

Sinergi Bersama Wirausahawan Alumni Metalurgi UI

Rabu, 9 Desember 2015 | 07:45 WIB
Sinergi Bersama Wirausahawan Alumni Metalurgi UI
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ikatan Alumni Metalurgi dan Material FTUI (ILUMET FTUI) khususnya para usahawan dan wiraswasta kumpul bersama dalam acara "first lunch meeting forum bisnis ILUMET FTUI".

Forum Bisnis alumni ini merupakan bagian dari kegiatan yang berada dibawah naungan Bidang I Kewirausahaan Ikatan Alumni Metalurgi dan Material FTUI. Forum ini di ketuai oleh saudara Heri Kristiono angkatan 95 sekaligus sebagai pemilik PT Indosateki, atau Indonesia satu tekad atau satu tekad untuk Indonesia.

"Kegiatan ini, sebagai hasil dari diskusi yang berkelanjutan di group media sosial dan pertemuan-pertemuan beberapa personil alumni sebelumnya," kata Heri di Bale Bengong Seafood & Resto, Jakarata Timur, Selasa (8/12/2015).

Acara ini dihadiri oleh puluhan alumni Teknik Metalurgi dan Material dari berbagai periode mulai dari angkatan delapan puluhan, sembilan puluhan sampai dengan angkatan 2008 yang memiliki usaha di berbagai bidang diantaranya pabrikasi permesinan dan spare part automotive, perdagangan bahan kimia dan scrap, konsultan lingkungan, barang dan jasa di industri perminyakan dan sebagainya.

Ketua ILUMET FTUI, Basuki angkatan 93 memaparkan, tujuan dari kegiatan ini adalah pentingnya sinergi, kerjasama, saling mendukung dan menguatkan para wirausahawan Metalurgi satu dengan lainnya agar sama-sama tumbuh dan menguntungkan tentunya. Kedua telah disusun katalog produk perusahaan-perusahaan alumni walaupun belum sempurna dan selanjutnya akan dilengkapi menjadi satu katalog produk bersama yang akan disampaikan kepada para pengguna di berbagai sektor baik pemerintahan, BUMN dan swasta nasional maupun asing.

"Hal ini penting untuk dilanjutkan, karena sebagai bagian partisipasi alumni kepada alumni lainya sebagai pengguna atas kebutuhan barang dan jasa, serta kontribusi sebagai bagian warga negara dalam turut berpartisi nyata mensukseskannya," kata Basuki.

Kemudian, forum ini akan mengadakan pertemuan rutin secara berkala dua bulan sekali atau tiga bulanan. Tujuannya, untuk mempererat silaturahmi dan bertukar informasi secara langsung. Selain itu, forum ini adalah wadah bagi para alumni yang dapat dimanfaatkan dan dikelola secara mandiri.

Sehingga dapat menelorkan terobosan bersama agar dapat memajukan usaha masing-masing anggotanya misal membentuk badan hukum baru dan sebagainya.

ILUMET sebagai paguyuban bagi seluruh alumni Metalurgi dan Material akan menjembatani antara kepentingan usahawan dan profesional agar diperoleh titik temu bersama dan saling menguntungkan semua pihak.

Sebagai penyelenggara kegiatan ini, Horis Siregar angkatan 92 PT Multi Chemindo Mandiri, berharap ILUMET menayangkan para wirausahan dan data alumni Metalurgi ini dalam satu website bersama. Masukan juga disampaikan oleh bang Wawan Junaedi dari PT Trimulya Gemilang, yaitu agar ILUMET menyelenggarakan pertemuan bersama dengan para alumni sebagai pengguna produk-produk barang dan jasa mereka.

Pesan dan saran juga disampaikan oleh bang Edi Diarman PT Adhireksa Inticor dan bang Ardinal Heryadi dari Infiniti Group serta bang Ferdi Oefie dari PT Gesit Nazelo Protection bahwa beliau-beliau sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini agar tetap dapat berjalan terus dan tidak harus memperoleh manfaat secara langsung saat ini juga, tetapi hari ini pun sudah bisa dirasakan manfaatnya yaitu informasi dan nilai-nilai pengalaman masing-masing individu yang dapat ditularkan kepada alumni lainnya.

Hal lain juga disampaikan oleh bang Elfrans Golkari angkatan 90 dari PT Enviro Analitica Terpadu, bahwa alumni kita juga sudah saatnya untuk berpikir hal-hal pekerjaan yang lebih besar lagi secara bersama-sama sehingga dapat memberikan dampak yang lebih besar juga kepada semua pihak.

Diskusi yang dipimpin oleh Ketua Bidang I Kewirausahaan ILUMET sekaligus penutupan acara "first lunch meeting forum bisnis ILUMET FTUI" ini selanjutnya merencanakan pertemuan berikutnya. Kemudian disepakati pertemuan berikutnya pada bulan Januari akhir di kantor Infiniti Group, Cikarang Bekasi Jawa Barat. [ind]

Komentar

Embed Widget
x