Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 16:38 WIB

Mega Minta Reklamasi Teluk Benoa Dikaji Mendalam

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Senin, 23 November 2015 | 09:22 WIB
Mega Minta Reklamasi Teluk Benoa Dikaji Mendalam
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Denpasar - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyatakan, rencana reklamasi di Teluk Benoa, Badung, Bali, harus dipertimbangkan dengan sangat matang, hati-hati, dan memperhatikan analisa dampak lingkungan.

"Reklamasi ada hubungan dengan lingkungan hidup, sejak awal saya katakan. Sebagai ketua umum (PDIP) saya katakan, jika melakukan reklamasi yang harus diperhatikan adalah lingkungan, teknisnya Amdal (analisis dampak lingkungan)," ucap Megawati, di Kantor DPD PDIP Bali.

Tak hanya soal Amdal, rencana reklamasi, kata Megawati, juga harus memperhatikan spesifikasi perubahan yang akan terjadi di lokasi reklamasi.

"Misalnya mau merubah cagar alam hutan menjadi tambang misalnya, spesifikasi flora dan fauna harus dijaga, diperhatikan. Jika di laut (reklamasi), maka kita harus memperhatikan pergeseran air laut, akan membawa pengaruh terhadap terumbu karang dan kehidupan di laut lainnya," ujar Megawati.

Meski meminta agar rencana reklamasi di Teluk Benoa dikaji secara mendalam, namun Megawati menyatakan tidak sepenuhnya menolak ide tentang reklamasi.

"Tapi jangan nanti ditulis Ibu Mega tidak setuju reklmasi, tidak seperti begitu saya katakan. Jika reklamasi memenuhi syarat lingkungan, maka sebenarnya sifatnya ekonomi sosial, akan menjadi nilai tambah bagi warga Bali, di tempat lain seperti itu. Tapi kembali saya tekannya, masalah perubahan lingkungan harus hati-hati," ungkapnya.

Megawati mencontohkan perubahan lingkungan kurang baik yang terjadi di Karawang dan Bekasi, dari daerah lumbung beras berubah menjadi perkotaan.

"Lumbung beras sekarang berubah menjadi perkotaan, perubahan itu tidak dilakukan dengan baik. Sekarang ini yang juga tidak diperhatikan adalah tata ruang, itu juga berdampak pada masalah lingkungan dan sebagainya," tandasnya.[jat]

 
Embed Widget

x