Find and Follow Us

Jumat, 21 Juni 2019 | 01:25 WIB

Moeldoko Berikan Penghargaan Inovasi Panglima TNI

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 13 Oktober 2014 | 02:00 WIB
Moeldoko Berikan Penghargaan Inovasi Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal Moeldoko - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberikan penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 kepada peserta yang telah berhasil menjadi pemenang lomba penghargaan inovasi, di Mabes TNI Cilangkap, Minggu (12/10/2014) malam.

"Program penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 diselenggarakan oleh Mabes TNI bekerjasama dengan CIS School of Innovation dan Yayasan Planet Inovasi," kata Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bernardus Robert melalui rillis yang diterima INILAHCOM.


Kegiatan ini merupakan salah satu ajang pemberian penghargaan kreativitas dan inovasi di lingkungan TNI. Penghargaan Inovasi Panglima TNI (Panglima TNI Innovation Award) mengidentifikasi, mengenali, mengakui, dan mendiseminasi karya inovasi militer yang terkait dan berasal dari lingkungan TNI/luar lingkungan TNI.

"Tujuan kegiatan, memberikan apresiasi kepada individu/ tim/satuan militer dan PNS di lingkungan TNI serta individu/tim/organisasi non militer/di luar TNI yang menciptakan dan atau mengembangkan produk-produk inovatif," kata dia.

Kedua, mendorong tumbuh dan kembangnya ekosistem inovasi di lingkungan TNI dengan memperkuat kerjasama inter-sektoral antar aktor inovasi. Serta memonitor implementasi kebijakan pimpinan TNI tentang inovasi.

Ketiga, meningkatkan peran strategis R&D (Research & Development) di lingkungan TNI pada khususnya dan nasional pada umumnya.

Jenis Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 yaitu : Tiga Penghargaan Inovasi TNI Alutsista TNI, Tiga Penghargaan Inovasi TNI Non Alutsista, Dua Penghargaan Inovasi (Ko-Inovasi) TNI dan Pemerintah Daerah, Dua Penghargaan Inovasi (Ko-Inovasi) TNI dan Individu/ Tim/ Organisasi/ Lembaga Publik diluar TNI.

"Dalam kegiatan ini dimeriahkan oleh konser musik Iwan Fals, Fitri Carlina, Youbi Sister dan penampilan joget dari prajurit TNI," ujar dia.


Penerima Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014, yaitu : Kategori Inovasi Alut TNI AD, diberikan kepada Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat dengan mata Inovasi "Rancang Bangun Senjata Dopper", diterima oleh Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat.

Kategori Inovasi Alut TNI AL, diberikan Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut, dengan mata inovasi "Pembuatan Prototipe Swamp Boat", diterima oleh Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut. Kategori Inovasi Alut TNI AU, diberikan kepada Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara, dengan mata inovasi "Pembuatan Bom Tajam BT-500 untuk Pesawat Standar NATO", diterima oleh Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara.

Sedangkan untuk Kategori Inovasi Non-Alut TNI AD, diberikan kepada Kapten Ctp Edi Nursantosa, dengan mata inovasi "Pendekatan Indeks Vegetasi Citra Satelit Penginderaan Jarak Jauh untuk Mendeteksi Samaran Pasukan di Medan Tertutup".

Kategori Inovasi Non-Alut TNI AL, diberikan kepada Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, dan Tim dengan mata inovasi "Rancang Bangun Pos Angkatan Laut Mandiri Energi Guna Meningkatkan Fasilitas Pangkalan di Lokasi Terpencil". Kategori Inovasi Non-Alut TNI AU, diberikan kepada Kapten Lek Ramayuda Rahmad, dan Tim dengan mata inovasi "Server DEPOHAR 40 sebagai Integrator Jaring Komunikasi dalam Mewadahi Jaringan C4ISR (Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance)".

Sementara itu untuk Kategori Inovasi Partisipasi Masyarakat, diberikan kepada Bambang Riyanto, Dr. Akhiruddin Maddu, dan Esa Ghanim Fadhallah, dengan mata inovasi "Material Organik Penyerap Gelombang Radar dari Komposit Penyerap Chitosan-Hidroksiapatit untuk Aplikasi Militer Modern. [ind]

Komentar

x