Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 1 Juli 2016 | 22:12 WIB
Hide Ads

Pemilukada Langsung Buka Pintu Money Laundry

Oleh : Iwan Purwantono | Kamis, 2 Oktober 2014 | 01:42 WIB
Pemilukada Langsung Buka Pintu Money Laundry
(foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakata - Banyaknya kasus money laudry (pencucian uang) disebabkan pemilihan kepala daerah secara langsung. Bahkan, aliran dana haram itu semakin deras saat kegiatan itu berlangsung.

Hal itu dikatakan Dewan Pakar The Founding Fathers House (FFH) Jack Yanda Zaihifni Ishak, kepada INILAHCOM menanggapi persoalan Pemilukada secara langsung, Rabu (01/10/2014).

"Silahkan cek saja ke BI, berapa besar dana asing yang tak jelas, masuk ke Indonesia saat pemilu, pilpres atau pemilukada. Jadi, pemilu atau pemilukada itu pintu masuknya uang money laundry," kata Jack.

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Bang Jack, Pemilukada langsung juga membuka maraknya politik uang. Sanagat disayangkan bila hal ini terus dibiarkan.

"Saat ini, menjadi kepala daerah tak perlu cakap atau memiliki leadership yang kuat. Asal punya duit banyak, selesai persoalan,"

Alhasil, lanjut Jack, kepala daerah yang lahir di era reformasi banyak yang terjerat kasus korupsi. Bahkan sebanyak 300 kepala daerah di Indonesia terjerumus kasus korupsi.

Terkait dikembalikannya pemilihan kepala daerah lewat DPRD, dia menilai tidak berkaitan dengan kemenangan Jokowi-jk. "Tetapi upaya parpol menegakkan kembali demokrasi keterwakilan yang merupakan warisan asli bangsa Indonesia," ujar dia. [ind]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x