Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 1 Juli 2016 | 20:24 WIB
Hide Ads

Anas dan Jaksa KPK Akan Banding Vonis Tipikor

Oleh : Fadhly Zikry | Kamis, 25 September 2014 | 06:01 WIB
Anas dan Jaksa KPK Akan Banding Vonis Tipikor
terdakwa Anas Urbaningrum - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai, Anas Urbaningrum akan melakukan banding atas vonis yang diterimanya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

"Saya kira masih berlanjut, kemungkinan jaksa KPK juga akan banding," katanya di Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Bandingnya jaksa KPK, lanjut Mahfud, karena ketidakpuasan atas dakwaan yang tidak dikabulkan oleh majelis hakim tipikor.

"Misal pencabutan hak politik tidak dikabulkan," ujarnya.

Seperti diketahui, Jaksa KPK dalam dakwaannya menuntut Anas dengan 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta, subsidair lima bulan kurungan. Anas dinilai terbukti menerima hadiah atau janji dalam proyek Hambalang dan proyek-proyek lain, dan pencucian uang.

Selain itu, jaksa juga menuntut Anas membayar uang pengganti kerugian negara yang jumlahnya sesuai dengan harta benda yang diperoleh dari tindak pidana korupsi sebesar Rp94.180.050.000, dan US$ 5.261.070.

Namun dalam sidang vonis Anas, bekas ketua umum Partai Demokrat itu divonis delapan tahun penjara oleh majelis hakim. Anas juga dihukum membayar denda sebesar Rp300 juta. Bila tidak dibayar diganti dengan kurungan selama tiga bulan.

Anas juga dihukum membayar uang pengganti kerugian negara yang jumlahnya yang diperoleh dari tindak pidana korupsi sebesar Rp57.590.330.580 (57 miliar) dan US$ 5.261.070 (5 juta). [fad]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x