Selasa, 29 Juli 2014 | 17:42 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Sidang Perdana Century 6 Maret 2014
Headline
(Foto: Riset)
Oleh: Firman Qusnulyakin
nasional - Senin, 3 Maret 2014 | 13:12 WIB
Berita Terkait

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkara bailout Bank Century sudah lengkap atau P21. Pekan ini, Kamis (6/3/2014) akan mulai sidang perdananya.

Tersangka kasus dugaan korupsi pemberian Fasilitas Pendana Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik, Budi Mulya sudah dinyatakan P21.

"Sidangnya rencana digelar tanggal 6 Maret," kata Juru Bicara KPK Johan Budi, ketika dihubungi, Senin (3/3/2014).

Sidang perdana itu akan mendudukan sebagai terdakwa, mantan Deputi IV Gubernur Bank Indonesia Bidang Pengelolaan Devisa dan Moneter Budi Mulya.

Meski baru menyangkakan Budi, namun KPK menyatakan aktor-aktor intelektual di balik kasus itu akan terungkap dalam dakwaan Budi.

"Lihat saja saat nanti dakwaan yang dibacakan. Semuanya nanti akan diungkapkan. Lihat saja menarik atau tidak di dalam dakwaan nanti," kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqqodas.

Adapun penyelesaian berkas perkara FPJP Bank Century ini molor dari jadwal yang sebelumnya dijanjikan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Bambang pernah menjanjikan kasus tersebut akan masuk ke pengadilan pada akhir Januari 2014 ini.

"Diharapkan pada pertengahan Januari proses pemeriksaan selesai dan akhir Januari kajian diterima dan kemudian dinaikkan ke pengadilan," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kasus FPJP Bank Century ini telah merugikan negara sebanyak Rp7,4 triliun. Bukan Rp 6,7 triliun sebagaimana diberitakan selama ini.

Rincian kerugian itu, yakni Rp689,39 miliar dalam pemberian FPJP dari BI kepada Bank Century pada 14, 17, dan 18 November 2008.

Serta sebanyak Rp6,76 triliun dalam proses penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Nilai Rp6,76 triliun itu merupakan keseluruhan penyaluran Penyertaan Modal Sementara (PMS) oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kepada Bank Century selama periode 24 November 2008 sampai dengan 24 Juli 2009. [gus]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER