Kamis, 21 Agustus 2014 | 23:01 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Demokrat Siap Merapat ke PDIP
Headline
ist
Oleh: Fadhly Zikry
nasional - Minggu, 2 Maret 2014 | 16:31 WIB
Berita Terkait

INILAHCOM, Jakarta - Partai Demokrat tidak malu-malu lagi untuk mengatakan siap merapat ke PDI Perjuangan. Walau pada 2009-2014, kedua partai ini selalu bertentangan, apalagi PDIP memilih oposisi ketimbang berkoalisi.

Politisi Partai Demokrat Kastorius Sinaga mengatakan, partainya siap bergabung dengan partai pemenang Pemilu 2014, termasuk dengan kabinet bayangan yang dibuat oleh PDIP.

"Kita siap berkoalisi. 2004 kita koalisi, 2009 kita koalisi, 2014 kita siap koalisi. Kita punya pengalaman dalam berkoalisi," kata Kastorius di Cikini Jakarta, Minggu (2/3/2014).

Menurutnya, setiap pemenang dalam pemilu tidak dapat menguasai kabinet sendiri, dan memerlukan mitra koalisi. Bahkan SBY sekalipun, berkoalisi dalam dua periode pemerintahannya.

Sejauh ini, dari berbagai survei PDI Perjuangan adalah partai yang bisa unggul, selain Golkar. Sementara Demokrat merosot jauh di bawah pasca berbagai kasus yang menimpa kadernya.

Walau begitu, koalisi diperlukan termasuk oleh PDIP kalau menang.

"Kuncinya, siapapun itu pemenangnya, nggak cukup kuat membentuk pemerintahan presidensialisme pemerintahan ini, ini pengalaman Pak SBY di 2004, 2009, dia harus membangun koalisi, meskipun 60 persen dia menang. Ketika bentuk pemerintahan dia harus realistis koalisi," jelasnya.

"Koalisi kita itu adalah yang kinerja baik pemerintahannya, bukan hanya power sharing, bagi-bagi kavling kekuasaan, tapi kerja secara profesional. Jangan saling menghantam, kasihan pemimpin ini," katanya.

Sebelumny, PDIP memunculkan kabinet bayangan jika dipercaya rakyat pada Pemilu 2014. Sebanyak 10 kader PDIP masuk dalam kabinet itu, yaitu:

1. M. Prakosa, Menteri Pertanian dan Kehutanan
2. Rokhmin Dahuri, Menteri Perikanan dan Kelautan
3. Sri Adiningsih, Menteri Perdagangan
4. Maruarar Sirait, Menakertrans
5. Hendrawan Supratikno, Menneg PPN/Ketua Bappenas atau Menneg BUMN
6. Hasto Kristianto, Mensesneg dan Seskab.
7. Arief Wibowo, Menteri Pertanahan atau Agraria
8. Budiman Sudjatmiko sebagai Menpora
9. Tubagus Hasanuddin, Menteri Pertahanan
10. Arif Budimanta sebagai Menteri Keuangan. [gus]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER