Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 03:57 WIB

Pengerjaan Pintu Air di Manggarai Segera Rampung

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Minggu, 19 Januari 2014 | 03:25 WIB

Berita Terkait

Pengerjaan Pintu Air di Manggarai Segera Rampung
(Foto : inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan, pembangunan penambahan pintu air di Manggarai sebagai upaya penanggulangan banjir di Jakarta, memasuki tahap akhir.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Danis Sumadilaga mengatakan, pembangunan ini bagian dari keseluruhan perbaikan infrastruktur, termasuk penambahan pintu air karet dan perbaikan tanggul Latuharhari di Kanal Banjir Barat (KBB).

Tingkat kemajuan dari pekerjaan penambahan pintu air Manggarai ini telah mencapai lebih dari 85%, dan ditargetkan rampung pada bulan Juli atau Agustus mendatang.

"Penambahan pintu air Manggarai akan dapat meningkatkan aliran debit air dari 330 meter kubik per detik menjadi 5OO meter kubik per detik. Sedangkan pintu air Karet akan menaikkan aliran air dari 500 meter kubik per detik menjadi 750 meter per detik," kata Danis di Kantor Kementerian PU, Sabtu (18/1/2014).

Pekerjaan lainnya yaitu, normalisasi tiga sungai meliputi Kali Pesanggarahan, Angke, dan Sunter yang akan melebarkan kali menjadi 15-40 meter dari 7-15 meter, saat ini terus dikerjakan, dan tingkat kemajuan pembangunannya sudah mencapai sekitar 65%.

Sementara itu, perbaikan tanggul Latuharhary di Kanal Banjir Barat, diperkirakan segera rampung. "Perbaikan tanggul Kanal Banjir Barat di Jalan Latuharhary saat ini memasuki tahap akhir, yaitu penyelesaian pengecoran dan pembersihan," tandasnya.[ris]

Komentar

Embed Widget
x