Sabtu, 1 November 2014 | 09:31 WIB
Follow Us: Facebook twitter
MK Putus Hitungan Ulang Pilkada Subulussalam Aceh
Headline
ketua majelis hakim Hamdan Zoelva - inilah.com
Oleh: Fadhly Zikry
nasional - Senin, 16 Desember 2013 | 18:29 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Mahkamah Konstitusi memutuskan untuk memerintahkan penghitungan ulang pada Pilkada Subulussalam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

MK meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau yang dikenal Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam untuk melakukan penghitungan dan pemungutan suara ulang dalam sengketa Pilkada Subulussalam, Aceh.

Putusan ini terkait dengan dikabulkannya sebagian permohonan pasangan calon nomor urut 1, Affan Alfian-Pianti Mala selaku Pemohon.

“Amar putusan, mengadili, menolak eksepsi termohon, dalam pokok permohonan, sebelum menjatuhkan putusan akhir. Menerima permohonan pemohon untuk sebagian,” kata ketua majelis hakim Hamdan Zoelva saat membacakan putusan di persidangan, gedung MK, Jakarta, Senin, (16/12/2013).

Adapun pelanggaran KIP yang diajukan Pemohon, adanya kesalahan penghitungan suara pada formulir rekapitulasi hasil penghitungan suara di TPS seluruh desa di Kota Subusssalam. Selain itu juga diduga adanya penambahan suara untuk pasangan calon nomor urut 3, Merah Sakti-Salmaza.

Pemohon juga beranggapan proses pelaksanaan pemungutan suara dilakukan pada saat Merah Sakti masih menjabat sebagai Walikota Subussalam. Sehingga pada saat pelaksanaan pemilukada, pemohon menduga adanya pelangaraan yang dilakukan oleh perangkat aparatur setempat.

Dengan dikabulkannya sebagian permohonan Pemohon. MK meminta agar KIP Kota Subussalam melakukan penghitungan suara ulang di enam TPS dan melakukan pemungutan suara ulang di dua TPS.

Keenam TPS untuk penghitungan ulang adalah, TPS 2 Kampung Pasir Panjang, TPS 11 Kampong Subulussalam, TPS 2 Kampong Subulussalam Utara, TPS 7 Kampong Subulussalam Utara, TPS 1 Kampong Saka Makmur, dan TPS 2 Kampong Suka Makmur.

Sedangkan TPS untuk pemungutan suara ulang, yakni TPS 1 Kampong Namo Buaya dan TPS 2 Kampong Namo Buaya.

Hasil penghitungan suara KIP pada 4 November lalu menetapkan pasangan calon nomor urut 3, Merah Sakti-Salmaza sebagai pemenang dengan perolehan 12.411 suara atau 32,94 persen. Sedangkan perolehan Pemohon sebanyak 12.233 suara atau 32, 44 persen. [gus]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER