Jumat, 28 November 2014 | 01:16 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Warga di Sekitar Gunung Sinabung Diungsikan
Headline
ist
Oleh:
nasional - Minggu, 24 November 2013 | 14:38 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Sedikitnya 15 ribu orang yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terpaksa diungsikan. Ini menyusul naiknya status Gunung Sinabung dari Siaga menjadi Awas, mulai pukul 10.00 WIB Minggu (24/11/2013).

Dari peningkatan status tersebut, Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada warga yang bermukim dalam jarak 5 kilometer dari kawah gunung, agar secepatnya mengungsi ke tempat yang lebih aman. Dari empat desa yang diperkirakan terkena dampak letusan Gunung Sinabung yakni Desa Kutagunggung, Kutarakyat, Sigarang-garang dan Sukanalu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sedikitnya ada 15 ribu jiwa yang harus diungsikan dan pihaknya mengerahkan sebanyak 500 personil untuk melakukan evakuasi warga.

"Saat ini persiapan evakuasi sedang dilakukan. 500 Personil dari BNPB, BPBD Sumatera Utara serta unsur TNI/Polri dan sukarelawan diperbantukan untuk mengevakuasi warga untuk menghindari dampak erusi," ujar Sutopo, Minggu (24/11/2013).

Berdasarkan keterangannya, saat ini para petugas serta warga yang dievakuasi membutuhkan sejumlah pakaian, masker. selimut, laas tidur, makanan bayi serta peralatan sanitasi dan layanan kesehatan. [ANT]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER