Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 28 Februari 2015 | 19:23 WIB
Hide Ads

Lokasi Ledakan di Bali, Bekas Latihan Kopassus

Oleh : Dewa Putu Sumetra | Jumat, 4 Oktober 2013 | 17:15 WIB
Lokasi Ledakan di Bali, Bekas Latihan Kopassus
(Foto:ilustrasi)

INILAH.COM, Tabanan - Lokasi ledakan keras yang menewaskan 2 orang warga di Desa Candi Kuning, Kecamatan Barutiti, Tabanan, sebelumnya merupakan bekas lokasi latihan pasukan Kopassus dalam rangka pengamanan pertemuan KTT APEC di Nusa Dua, Bali.

"Lokasi latihan pasukan Kopassus memang di Baturiti. Namun saya tidak tahu persis di mana lokasinya detailnya," ujar Kepala Penerangan Kodam IX Udayana, Kolonel Wing Handoko, Jumat (4/10/2013).

Namun Wing menampik jika selama pelaksanaan latihan Kopassus menggunakan granat dan hanya menggunakan peluru hampa dan dinamit.

"Dalam latihan skenario penyerbuan cepat dan pembersihan kampung itu, Kopassus menggunakan peluru hampa dan dinamit. Namun dinamit sudah diledakkan, jadi tidak ada yang tersisa dilokasi," tegasnya.

Menurutnya, penggunaaan dinamit dalam latihan itu sebagai bentuk simulasi suara. Wing meyakini jika granat yang meledak dan menewaskan dua orang warga itu bukan milik TNI.

"Kami tegaskan sekali lagi bahwa itu bukan milik kami. Kami mendorong pihak kepolisian untuk mengusut tuntas siapa pemilik granat itu," jelasnya.

Wing mengaku, meski terjadi ledakan granat yang bersamaan dengan perhelatan KTT APEC, hingga kini situasi Bali tetap aman dan kondusif.

"Tak ada pengaruh berarti terhadap pertemuan KTT APEC yang bakal dihadiri sejumlah kepala negara tersebut. Penemuan granat ini kan sudah sering terjadi sehingga tak ada masalah dengan situasi keamanan di Bali," tandasnya.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.