Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 4 Juli 2015 | 17:08 WIB
Hide Ads

Ini Pesan Habibie Untuk Foke Sebagai Dubes Jerman

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Jumat, 20 September 2013 | 16:30 WIB

Berita Terkait

Ini Pesan Habibie Untuk Foke Sebagai Dubes Jerman
Mantan Presiden BJ Habibie bersama Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo - (Foto:inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo melakukan silaturahmi dengan Mantan Presiden BJ Habibie. Dalam pertemuan itu, Habibie sempat memberikan pesan terhadap Fauzi Bowo yang akan menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Jerman.

Habibie mengatakan, seorang Duta Besar (Dubes) tak hanya mempu merepresentasikan bangsanya di negara yang menjadi tugasnya. Tapi lebih dari itu, Dubes Jerman harus mengenal negara Jerman.

"Saya yakin, pak Fauzi cocok di sana (Jerman), karena beliau memiliki semua yang menjadi syarat seorang Dubes Jerman," kata Habibie, Jumat (20/9/2013).

Menurutnya, saat ini ada empat kekuatan dunia yang bergerak mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Kekuatan tersebut dimiliki Eropa, Amerika Serikat, Republik Rakyat China (RRC) dan ASEAN.

Menurutnya, ASEAN dengan 10 negara anggotanya, dimana Indonesia masuk di dalamnya. Dengan 10 negara anggota tersebut, kekuatan ASEAN sama dengan kekuatan yang dimiliki Eropa, dan ini menjadi potensi yang dimiliki Indonesia.

"Kita harus berpandangan kedepan. Beberapa waktu lalu saya mengunjungi RRC, semuanya mengandalkan potensi SDM, termasuk Jerman. ASEAN dengan anggotanya yang 10 itu saya kira sama dengan kekuatan Eropa, ini potensi yang kita miliki," jelasnya.

Selain itu, dalam keikutsertaannya dengan G20, Habibie menilai Indonesia juga memiliki peran penting untuk memacu produktifitas, efisiensi dan kerjasama di dunia Internasional. Oleh karena itu, kedudukan perwakilan Indonesia di mata Internasional sangat penting.

"Eropa itu ujung tombaknya ada di Jerman, sedangkan Indonesia merupakan ujung tombak ASEAN. Ini nanti tugas Pak Fauzi Bowo untuk bersinergi secara positif," tandasnya.[bay]

Tag :

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.