Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 8 Juli 2015 | 00:51 WIB
Hide Ads

Ketua MK Tak Setuju Dengan Yusril Soal Pilkada

Oleh : Fadhly Zikry | Selasa, 17 September 2013 | 12:40 WIB

Berita Terkait

Ketua MK Tak Setuju Dengan Yusril Soal Pilkada
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar - (Foto:inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar tidak sepaham dengan Yusril Ihza Mahendra soal pilkada langsung dan pilkada oleh DPRD.

Yusril mengaku lebih baik pilkada Bupati atau Walikota, dikembalikan ke DPRD. Dibandingkan dengan pilkada langsung yang sering menimbulkan konflik.

Akil mengatakan, kepala daerah apabila dipilih oleh DPRD tidak ada bedanya dengan pemilihan secara langsung. Pasalnya akan tetap melahirkan konflik kepentingan yang sama.

"Ya sama saja, dulu kan kita juga pernah seperti itu, tapi sama aja kan," katanya usai menghadiri seminar nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Sebelumnya Akil mengatakan, banyaknya sengketa pilkada yang terjadi merupakan proses demokrasi. Ditambah lagi pelaksanaan pilkada telah dijamin dalam undang-undang.

"Ya harus dijalankan dalam waktu yang tertentu, lima tahun sekali, azas nya dijamin disebut dalam Undang-Undang Dasar, dalam UUD kan disebutkan, pemilu dijalankan atas dasar luber jurdil," jelasnya.

Itu enggak main-main, apakah anda akan melaksanakan dengan langsung umum, jujur adil," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, pakar hukum tatanegara Yusril Izha Mahendra mengatakan, bahwa proses pemilihan kepala daerah seperti Walikota dan Bupati sebaikya diserahkan kepada DPRD.

Karena apabila hal tersebut dilakukan dapat meminimalisir konflik di masyarakat. Selain itu, Yusril juga beranggapan dapat menghemat ongkos politik yang mahal. [gus]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x