Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 5 September 2015 | 21:14 WIB
Hide Ads

Pemenang Pilkada Sumsel di Tangan MK

Oleh : Iwan Purwantono | Kamis, 12 September 2013 | 00:47 WIB
Pemenang Pilkada Sumsel di Tangan MK
Alex Noerdin-Ishak Mekki - (Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Pemenang Pilkada Sumatera Selatan, harus menunggu keputusan MK (Mahkamah Konstitutsi). Meski akumulasi perolehan suara menetapkan Alex Noerdin-Ishak Mekki sebagai pemenang.

Seperti disampaikan pakar politik Pilkada dari Point Indonesia, Karel Harto Sesutyo, keputusan MK menjadi kunci jawaban pilkada Sumsel.

"Bolanya di tangan MK. Karena MK yang memerintahkan PSU (pemilihan suara ulang). Termasuk pelaporan hasil PSU tersebut. Dengan demikian, KPUD Sumsel tidak punya hak untuk menetapkan pemenang pilkada Sumsel," jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu 11/9/2013).

Sekedar catatan, pilkada Sumsel dilaporkan ke MK karena adanya dugaan permainan. Oleh MK diputuskan adanya pemilihan suara ulang di 4 kabupaten/kota dan 1 kecamatan pada 4 september 2013. Dalam keputusan itu, MK menyatakan bahwa alex Noerdin sebagai incumbent memanfaatkan dana APBD untuk pilkada. Seharusnya hal itu, tidak boleh terjadi.

Masih menurut Karel, keputusan MK yang membatalkan kemenangan Alex Noerdin-Ishak Mekki, memiliki kekuatan hukum yang cukup kuat. "Ya, sebaiknya semua menunggu keputusan MK. Apapun hasilnya," tegasnya. [mes]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.