Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Januari 2015 | 05:19 WIB
Hide Ads

Nasib Politik Ruhut Digantung

Oleh : R Ferdian Andi R | Selasa, 20 Agustus 2013 | 16:42 WIB
Nasib Politik Ruhut Digantung
Ruhut Sitompul - (Foto : inilah.com/Aris Danu Cahyono)

INILAH.COM, Jakarta - Nama Ruhut Sitompul beberapa bulan terakhir santer disebut bakal menduduki kursi Ketua Komisi Hukum DPR. Namun, hingga hari H penjadwalan pelantikan pimpinan Komisi Hukum, surat pendelegasian Ruhut tak kunjung tiba. Nasib Ruhut digantung?

Ruhut Poltak Sitompul belakangan berbinar. Dalam setiap kesempatan, selalu menginformasikan tentang penunjukan dirinya sebagai Ketua Komisi III DPR RI. Penegasan itu pun sempat ia lontarkan Senin (19/8/2013) lalu. "Besok aku dilantik," begitu seloroh Ruhut kepada wartawan di gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Namun, keyakinan Ruhut ini tidak sepenuhnya benar. Karena hingga Selasa (20/8/2013) ini surat dari DPP Partai Demokrat belum diterima oleh Fraksi Partai Demokrat. "Sampai saat ini belum ada surat dari DPP Partai Demokrat," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Nurhayati menegaskan hingga saat ini DPP Partai Demokrat belum pernah membahas tentang rotasi pimpinan alat kelengkapan di DPR RI. Kesibukan ramadan, lebaran dan perayaan hari kemerdekaan menjadi alasannya. "Kami belum membahas rotasi di Fraksi Partai Demokrat," cetus Nurhayati.

Penegasan serupa juga ditegaskan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Jhonny Allen Marbun. Menurut dia hingga saat ini belum ada pembahasan pergantian pimpinan alat kelengkapan DPR dari Fraksi Partai Demokrat. "Belum dibahas di DPP," tegas Jhonny ditemui di sela-sela sidang paripurna DPR, Selasa (20/8/2013).

Saat dikonfirmasi tentang kesimpangsiuran informasi pelantikan Ketua Komisi III DPR, Ruhut Poltak Sitompul hanya berujar "ojo kesusu (jangan terburu-buru)," seloroh Ruhut. Beberapa pernyataan yang ia sampaikan diminta untuk tidak dikutip sebagai bahan wawancara.

Ruhut menyebutkan, penundaan pengesahan dirinya sebagai Ketua Komisi III DPR dikarenakan Ketua Umum Partai Demokrat SBY, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan dan Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Jero Wacik sibuk acara kenegaraan. "Mungkin minggu depan pengesahan, yang pasti sampai sekarang aman," cetus Ruhut yang mengaku sejak sebulan lalu dirinya telah diberitahu oleh Jero Wacik ihwal penunjukan dirinya sebagai Ketua Komisi III.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkr Aziz Syamsuddin mengatakan hingga Selasa (20/8/2013) ini Sekretariat Komisi III belum menerima nama baru pimpinan Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat. "Kita belum terima surat dari Fraksi Partai Demokrat," kata Aziz.

Ia menyebutkan, kapanpun pergantian pimpinan Komisi III bisa dilakukan. Menurut dia tidak mutlak pergantian pimpinan komisi dilakukan saat ini seperti awal pembukaan sidang. "Tidak harus hari ini," cetus Aziz.

Sementara bekas Ketua Komisi III DPR Trimedya Pandjaitan mengatakan pergantian pimpinan Komisi III lazimnya dilakukan di awal masa sidang DPR. "Bisa saja pergantian di tengah jalan, tapi itu tidak lazim," cetus Trimedya seraya menyebutkan hal tersebut terjadi bila ada hal krusial. [mdr]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.