Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Januari 2015 | 11:11 WIB
Hide Ads

Inilah Rangkaian Upacara HUT ke-68 RI di Istana

Oleh : Agus Rahmat | Sabtu, 17 Agustus 2013 | 09:50 WIB
Inilah Rangkaian Upacara HUT ke-68 RI di Istana
(foto:inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Seperti rutinnya, setiap tanggal 17 Agustus, upacara peringatan Kemerdekaan HUT RI diselenggarakan di Istana Negara Jakarta.

Demikian pada 17 Agustus 2013, diusia ke 68 tahun Indonesia. Seperti biasa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menjadi inspektur upacara. Menurut jadwal, upacara akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB yang ditandai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali, menandakan tanggal kemerdekaan Indonesia.

Hampir seluruh pejabat negara yang aktif maupun yang purna, dipastikan akan hadir. Demikian juga veteran pejuang kemerdekaan hingga duta besar negara sahabat. Di HUT ke-68 tahun 2013 ini, pemerintah menetapkan tema "Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat."

Rangkaian acara diantaranya pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Proklamasi, pembacaan teks Pancasila, pembacaan UUD 1945, amanat Presiden. Lalu, atraksi belasan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara di atas langit Istana.

Rangkaian acara berikutnya adalah lagu-lagu daerah dan lagu perjuangan. Sama seperti tahun lalu, akan dinyayikan juga lagu ciptaan Presiden SBY berjudul 'Aku Bangga Jadi Anak Indonesia'. Rencananya, pada pukul 12.00 WIB nanti, akan digelar ramah tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, pahlawan nasional, wredhatama, dan Angkatan 45 di Istana Negara.

Dilanjutkan pada pukul 17.00 WIB akan digelar Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka. Pukul 20.00 WIB digelar resepsi kenegaraan di halaman tengah Istana Merdeka dan Istana Negara.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.