Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 30 Juli 2015 | 07:03 WIB
Hide Ads

Gempa Guncang Pacitan, Warga Berhamburan

Oleh : - | Kamis, 8 Agustus 2013 | 20:05 WIB
Gempa Guncang Pacitan, Warga Berhamburan
(Foto: istimewa)

INILAH.COM, Trenggalek - Masyarakat di sekitar Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur merasakan gempa bumi pada pukul 17.46 WIB yang terjadi di Pacitan.

"Di dalam rumah, serasa berputar. Toples tempat jajan di atas meja bergetar," ungkap As, warga Desa Prigi, Kecamatan Watulimo, Kamis (8/8/2013).

Guncangan gempa terasa agak keras dan dalam durasi waktu yang relatif lama yaitu, sekitar 3 menit.

Saat terjadinya gempa, rumahnya tengah ramai tamu yang tengah bersilaturahmi. Sejumlah orang berteriak lindu (sebutan gempa bumi) beberapa kali. Seketika itu, anggota keluarga berhamburan keluar dari rumah

"Kalau di luar tidak terlalu terasa. Tetapi saat menyentuh tembok, baru merasakan adanya getaran. Selain itu, kabel listrik yang melintang terlihat bergerak-gerak," ungkap Duwi Arif, remaja yang tengah bersilaturahmi ke rumah Nurul, tetangga As.

Mahasiswa jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (penjaskesreg) asal Kediri yang sedang berlibur Hari Raya Idul Fitri 1434 H bersama keluarganya itu menyaksikan, bentangan kabel listrik bergerak-gerak sendiri dalam waktu lama. Dia juga melihat dedaunan pohon pisan bergerak pula

Masyarakat di Desa Tasikmadu, yang juga berada kawasan pesisir Pantai Prigi merasakan guncangan yang sama. Kendati demikian, mereka tidak khawatir menyebabkan terjadinya gelombang tsunami.

"Sepertinya, tidak menyebabkan terjadinya tsunami. Guncangannya tidak terlalu keras," kata Sigit, salah seorang nelayan di Desa Tasikmadu.

Sebelumnya, berkekuatan 5.5 SR terjadi di barat daya Pacitan pukul 17.45 WIB. Lokasi gempa 8.89 ls, 110.87 BT, tepatnya ada di sisi barat daya Pacitan. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer. [beritajatim]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.