Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 1 Juli 2015 | 13:30 WIB
Hide Ads

Bali Bangun Bandara Baru di Buleleng Barat

Oleh : Dewa Putu Sumetra | Rabu, 10 Juli 2013 | 00:32 WIB
Bali Bangun Bandara Baru di Buleleng Barat
(Foto : istimewa)

INILAH.COM, Denpasar - Setelah memiliki Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Pulau Dewata akan menambah Bandara baru yang lokasinya akan ditempatkan di Buleleng bagian barat.

Lokasi bandara yang baru itu diputuskan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, setelah sebelumnya sempat simpangsiur pembangunan bandara di Bali Utara. "Sudah kami putuskan, lokasinya di Buleleng bagian barat, di wilayah Gerokgak," ujar Pastika di Denpasar, Selasa (9/7/2013).

Keputusan bandara di Buleleng barat, kata Pastika, setelah melalui berbagai aspek dan kajian. "Setelah ada paparan-paparan terkait kelemahan dan keunggulannya, kami putuskan di wilayah barat, namun tentu itu akan terus dikaji kembali secara lebih mendalam," tambahnya.

Mantan Kapolda Bali itu berharap tidak ada transaksi tanah di wilayah yang akan menjadi lokasi bandara baru tersebut. "Kami ingin status quo, tidak ada jual beli tanah di sana. Biar lebih gampang kami melakukan pembebasan tanah, pemda yang akan melakukan pembebasan tanah," tegasnya.

Menurut Pastika, dipilihnya wilayah Buleleng bagian barat untuk bandara baru di Bali dengan pertimbangan yang matang. "Di Buleleng bagian barat penduduknya jarang, lahan di sana kering tidak produktif. Selain itu, lokasi itu diapit dua kawasan wisata, ada pelabuhan laut, jadi nanti mudah untuk bawa bahan bakar pesawat. Lokasi di barat juga gampang serap pasar dari Jawa Timur. Intinya banyak hal, aspek sosial budaya," jelasnya.

Pastika optimis bandara baru itu ditargetkan beropreasi tahun 2018 mendatang. "Investornya kita sendiri, keren nanti kita punya bandara sendiri, kerjasama pemprov, BUMN, pemkab. Jauh lebih aman kita yang punya, kemampuan keuangan kita ada," ucapnya yakin.[man]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.