Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:23 WIB

Kotawaringin Timur Siaga Kebakaran Hutan & Lahan

Oleh : - | Minggu, 30 Juni 2013 | 18:31 WIB
Kotawaringin Timur Siaga Kebakaran Hutan & Lahan
Ilustrasi - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Kalteng - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menetapkan daerahnya berstatus siaga bencana kebakaran hutan dan lahan.

"Status itu kami tetapkan mengingat sekarang sudah memasuki musim kemarau dan telah ditemukannya beberapa titik panas (hot spot) di beberapa wilayah kecamatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur Sanggol Lumban Gaol di Sampit, Minggu (30/6/2013).

Dia berharap, seluruh kecamatan, kelurahan/desa dan lapisan masyarakat meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Sanggol mengatakan, untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali, BPBD Kabupaten Kotim telah membentuk pos komando pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Dia menjelaskan, untuk dalam Kota Sampit Posko siaga dan pengendalian bencana kebakaran hutan dan lahan bermaskas di kantor BPBD Kabupaten Kotim. "Kami juga telah menginstruksikan seluruh kecamatan, kelurahan/desa untuk mendirikan posko siaga dan pengendalian bencana kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Dia juga mengatakan, untuk langkah antisipasi lain dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, BPBD Kabupaten Kotawaringin Timur juga telah menggelar rapat koordinasi lintas instansi, dengan pihak TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Kotim. [ant]

Komentar

 
x