Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 2 Agustus 2015 | 13:18 WIB
Hide Ads

KontraS Laporkan Kasus Ruben Pata Sambo ke Polri

Oleh : Ajat M Fajar | Rabu, 26 Juni 2013 | 16:09 WIB

Berita Terkait

KontraS Laporkan Kasus Ruben Pata Sambo ke Polri
(Foto : inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) melaporkan kasus salah tangkap terhadap keluarga Ruben Pata Sambo terkait pembunuhan sebuah keluarga di Tana Toraja, Sulawesi Selatan ke Polri.

Dalam pengaduan tersebut, KontraS melaporkan sejumlah kejanggalan dalam kasus pembunuhan yang dilakukan oleh keluarga Ruben Pata Sambo pada keluarga Andarias Pandin dan Martina Labiran pada Desember 2005.

Wakil Koordinator KontraS, Sri Suparyanti mengatakan, kedatangan kontraS ke Mabes Polri ini untuk mengadukan kasus salah tangkap yang dilakukan oleh Polres Tana Toraja terhadap keluarga Ruben.

"KontraS bersama dengan keluarga korban bertemu kepala Irwasum, terkait dengan penangkapan keluarga pak Ruben. Kami melaporkan terkait tindakan penyiksaan, kami juga menjelaskan beberapa ketidaksinkronan yang ada di penuntut umum dan di persidangan," ujar Sri usai melaporkan ke Irwasum Mabes Polri, Rabu (26/6/2013).

Menurutnya, dalam kasus tersebut banyak sekali kejanggalan yang terjadi. Bahkan dalam penanganan kasus pembunuhan itu, pihak kepolisian juga telah melakukan intimidasi dan penyiksaan terhadap para tersangka untuk mengakui perbuatannya.

Padahal dari beberapa orang yang ditangkap, hanya Agustinus Pata Sambo yang merupakan pelaku tunggal dalam kasus pembunuhan tersebut. Sisanya hanya orang-orang yang dipaksa mengakui tindak pidana pembunuhan itu.

Sri menambahkan, dalam pengaduan ke Irwasum Mabes Polri ini, KontraS yang didampingi oleh pihak keluarga Ruben Pata Sambo menyerahkan beberapa bukti terkait kejanggalan tersebut.

"Kita sudah menyampaikan beberapa bukti, dan ini ada salah satu tersangka yang sudah bebas kita bawa," tandasnya. [mvi]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.