Sabtu, 19 April 2014 | 18:57 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Wartawan Trans7 Terluka
Polri Periksa Satu Anggotanya di Jambi
Headline
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar - (Foto : inilah.com)
Oleh: Renny Sundayani
nasional - Rabu, 19 Juni 2013 | 15:26 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Propam Polri memeriksa satu orang anggotanya yang diduga menembakkan gas air mata secara tidak sengaja mengenai wartawan Trans7 di Jambi Nugroho Anton saat meliput unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM, Senin (17/6/2013).

"Saat ini, diperiksa satu orang anggota yang menggunakan senjata itu saat tugas. Seorang Brigadir inisal D dari Jambi," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Gedung Humas Polri, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Terkait penembakan tersebut, Boy mengatakan, pihaknya prihatin dengan adanya korban. Dia menegaskan, tidak ada unsur kesengajaan dari petugas untuk membuat pihak-pihak yang melakukan unjuk rasa BBM, cedera.

"Dalam hal ini langkah-langkah petugas lebih kepada upaya untuk mengeliminir kondisi yang tidak tertib, agar upaya perbuatan anarkis bisa terkendali," sambungnya

Menurut Boy, saat ini Divisi Propam baik ditingkat Polri maupun Polda sedang melakukan penelitian lebih jauh guna memeriksa peristiwa di Jambi dan Ternate.

"Setelah diperiksa, nanti diketahui apa yang jadi faktor penyebabnya. Selain untuk evaluasi, juga akan ditindaklanjuti tindakan hukum yang diduga pelanggaran, apakah disiplin, kode etik atau hukum," paparnya.

Namun, Boy juga meminta agar pihak pengunjuk rasa dan wartawan bisa berintrospeksi. Khususnya, wartawan dalam meliput aksi unjuk rasa. "Mana sisi-sisi teman-teman jurnalis, yang dianggap berbahaya saat meliput demo," sambungnya.

Dia mengingatkan dalam unjuk rasa, hendaknya unjuk perasaan jangan unjuk otot. "Karena, kalau unjuk otot pasti akan ada kekerasan, karena otot itu keras. Jadi, kalau sudah ngotot-ngototan pasti akan timbul gesekan yang berpotensi tindak kekerasan," kata dia. [mvi]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER